Sukses

Ini Cara Mudah untuk Bantu Kucing Kesayangan Adaptasi di Rumah Baru

Bagi kucing pindah ke lingkungan baru menjadi sesuatu hal yang rumit. Perubahan dan mungkin rutinitas dapat menyebabkan kucing merasa stres, malas bergerak, takut dan cemas.

Liputan6.com, Jakarta Pindah ke rumah baru tentu memberikan pengalaman menarik bagi kita, terlebih jika rumah yang dituju memiliki ukuran dan suasana yang lebih baik dan menyenangkan. Namun, bagi hewan kesayangan berbulu, kucing, pindah ke lingkungan baru menjadi sesuatu hal yang rumit. Perubahan dan mungkin rutinitas dapat menyebabkan kucing merasa stres, malas bergerak, takut dan cemas. 

Waktu yang dibutuhkan bagi kucing untuk menyesuaikan diri dengan rumah barunya bergantung pada kepribadian individu, proses, dan lingkungan yang ditawarkan oleh pemiliknya. 

Secara umum, kucing membutuhkan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan untuk beradaptasi dengan rumah baru. Ada beberapa variabel yang akan memengaruhi waktu yang dibutuhkan kucing untuk terbiasa dengan ruang baru. Seperti umur, sosialisasi, masa lalu kucing, lingkungan dan keluarga.

Penting untuk diketahui bahwa proses adaptasi di rumah baru bagi  anak kucing, kucing dewasa dan kucing tua bisa berbeda-beda. Kucing tua yang telah lama tinggal di rumah sebelumnya lalu pindah ke rumah baru bisa mengalami stres dan kecemasan yang lebih parah daripada kucing lain.

Untuk membantu kucing kamu beradaptasi secara positif dan cepat, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu praktekkan.

1. Bikin kegiatan perpindahan ke rumah baru menjadi pengalaman positif

Kucing bisa melihat suasana atau emosi pemiliki. Kalau kamu antusias dan bahagia, emosi itu bisa menular ke kucing.

2. Kemas barang kamu secara bertahap

Jika kamu merencanakan pindahan elangkah demi selangkah dan mengemas barang-barang sedikit demi sedikit, kucing kamu dapat bersiap untuk perubahan dengan cara yang tenang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Sediakan tempat berlindung dan nyaman bagi kucing

3. Sediakan tempat berlindung dan nyaman bagi kucing

Selama tahap perpindahan siapkan tempat berlindung yang aman dan nyaman. Kamu bisa menyalakan musik yang menenangkan untuk membantu kucing merasa lebih tenang. 

4. Pastikan kucing bersama kamu ketika pindah

Pastikan kucing dapat melihat kamu agar merasa aman dan nyaman. Jangan tinggalkan kucing Anda dengan kotak atau di dalam truk yang bergerak. 

3 dari 3 halaman

5. Lepaskan kucing setelah semuanya beres

5. Lepaskan kucing setelah semuanya beres

Saat membongkar kotak dan membereskannya, tinggalkan kucing di tempat yang aman. Setelah semuanya teratur barulah melepaskan kucing ke lingkungan baru itu.

6. Beri kucing kamu kebebasan dan waktu untuk menjelajahi rumah barunya

Karena proses adaptasi setiap kucing berbeda-beda, berilah dia waktu untuk menjelajahi rumah baru, jangan terlalu lama menahan dia di dalam kotak.

7. Habiskan waktu bersama kucing di rumah baru

Kunci dalam membantu kucing merasa nyaman, aman, dan diterima di rumah barunya adalah kasih sayang dan waktu khusus yang diberikan oleh pemiliknya. Oleh karena itu, selalu ingat untuk menghabiskan waktu bersama kucing Anda di rumah baru mereka beri  mereka makanan dan mainan kesukaannya. Lengkapi sesi makan yang menyenangkan dengan rutin memberinya Muezza. 

Diproduksi dari bahan-bahan alami yang diolah dengan teknologi modern, cat food ini bebas dari bahan sintetik yang membantu menjaga kucing tetap sehat dan aktif. Bukan hanya memprioritaskan kesehatannya saja, Muezza yang telah memiliki sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand juga bikin pemiliknya lebih optimal merawat hewan peliharaan. 

Tak perlu risih saat memegang makanan, membersihkan wadah makan, hingga mencari wadah untuk menyimpan cat food. Tersedia dalam 4 varian flavor yang disukai kucing, dapatkan Muezza sekarang juga di Shopee maupun Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

8. Menjaga kotak kotorannya apa adanya, selama tidak terlalu kotor

Ini bisa menjadi tips tambahan untuk pindah rumah dengan kucing yang lebih tua. Hal ini dilakukan agar ia memiliki sesuatu yang familiar yang dapat dibaui agar terasa lebih nyaman. Pilih diffuser feliway yang bisa kamu beli di toko hewan peliharaan untuk membantu menenangkan kucing yang lebih tua.

Ingatlah untuk tetap bersabar dan berikan kucing kamu cukup waktu untuk merasa aman dan menjelajahi lingkungan baru yang tidak dikenal ini.Memaksa kucing untuk melakukan sesuatu yang bertentangan dengan keinginannya sendiri itu malah akan menghambat proses adaptasi dan ampak sedikit lebih penakut, bingung, dan bahkan agak takut ketika dia tiba di lingkungan yang tidak dikenal.

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.