Sukses

Menengok Rumah Tersempit di London, Kecil tapi Mahal

Meski disebut sebagai rumah tersempit di London, harganya tak bisa dibilang murah.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu berbagai media Inggris santer mengulas penjualan sebuah rumah yang terletak di London. Yang menarik perhatian adalah predikat yang dipegangnya, yaitu rumah tersempit di Inggris.

Rumah yang kini tengah jadi perbincangan publik ini hanya memiliki lebar 5 kaki 5 inci atau sekitar 165 cm. Meski sangat kecil, tetapi harga yang ditawarkan tidak main-main. Dilansir dari The Sun, Senin (8/2/2021), rumah ini dibanderol dengan harga mencapai hampir 1 juta Pound sterling atau sekitar Rp19,3 miliar.

Harga ini jelas lebih mahal daripada sebuah kastil abad ke-16 di Wales yang dijual pada pertengahan tahun lalu. Rumah ini memiliki panjang 7,31 meter dan terdiri dari lima tingkat. Meski sangat kecil, bagian dalam rumah ini terlihat nyaman untuk ditinggali.

Rumah tersebut menyandang predikat sebagai rumah tersempit di London sejak 1985 oleh Guiness Books of Records. Sebelum dijual, rumah ini tadinya dimiliki oleh seorang pengacara.

Sebelumnya lagi, rumah ini dimiliki seorang fotografer fashion yakni Juergen Teller pada 1990-an. Lalu, seperti apa bagian dalam rumah unik yang berlokasi di London ini?

Pejalan kaki dan lalu lintas melewati bagian depan "Rumah Tersempit di London" (cat biru tua) di London barat, Inggris pada 5 Februari 2021. Rumah tersempit ini menampung banyak ruangan, termasuk tiga kamar tidur, teras atap, kamar mandi, taman hingga dapur dan ruang tamu di lantai bawah tanah.

Bagian depan bangunan yang dijuluki "Rumah Tersempit di London yang terdiri dari lima tingkat. Panjang rumah ini lebih pendek daripada setengah lapangan tenis. Meski begitu, rumah ini ternyata tersusun dari lima lantai dengan ukuran total mencapai 96 meter persegi.

Agen real estate David Myers memimpin tur berkeliling "Rumah Tersempit di London". Menurut David, desain rumah ini memang terbilang unik namun tetap menawan. Tatanan taman dan ruang makannya sangat menarik dan bikin kita betah berlama-lama. 

Disandingkan dengan taman, ruang makan justru terkesan sangat luas. Padahal, rumah mungil ini dihimpit oleh restoran pizza dan salon kuku.

Tangga spiral kemudian membawa Anda ke lantai pertama yang mencakup kamar tidur dan ruang belajar. Di ujung lantai ini adal balkon yang menawarkan pemandangan London sisi barat.

Di lantai dasar yang panjang terdapat bagian penerima tamu yang luas dengan dapur yang membawa Anda ke ruang makan, yang kemudian membawa Anda ke taman. Meskipun lebar dapur hanya 5 kaki, panjangnya lebih dari 24 kaki.

Di lantai dua, ada kamar mandi dan kamar mandi yang mengarah ke kamar tidur utama dilengkapi dengan tempat tidur built-in. Dulunya, rumah ini adalah sebuah toko yang menjual topi. Selama dekade terakhir, harga rumah naik hampir dua kali lipat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini