Sukses

India Punya Kuil Ajaib, Pilarnya Tidak Menyentuh Tanah

Liputan6.com, Jakarta - India punya banyak bangunan bersejarah, termasuk kuil-kuil unik yang menawarkan atraksi tersendiri bagi wisatawan. Kalau di Rajashtan ada kuil unik untuk memuja ribuan tikus, di Negara Bagian Andra Pradesh, Anda bisa menemukan kuil yang tak kalah uniknya.

Dinamakan Kuil Lepakshi atau Lepakshi Veerabhadra Temple, kuil ini punya keunikan yaitu ada pilar atau tiang penyangga yang seolah tak menyentuh tanah alias melayang. Kuil ini disebut-sebut sebagai kuil yang punya keajaiban konstruksi.

Dari sekitar 70 pilar yang menjadi pondasi kuil tersebut, ada satu pilar kuil yang seolah menggantung dan hampir tidak menyentuh tanah. Dilansir dari Amusing Planet, 2 Februari 2021, masyarakat setempat sempat membuat eksperimen untuk membuktikan apakah pilar tersebut benar tidak menyentuh tanah.

Mereka menaruh sebuah kain di bawah pilar. Hasilnya, kain tersebut pun bisa menembus bagian pilar kuil dan lantainya. Bahkan, untuk mengungkap misteri itu, seorang insinyur Inggris sempat mencoba memindahkan pilar unik di kuil tersebut, tapi akhirnya gagal.

Pilar yang terangkat di Kuil Lepakshi juga masih menjadi misteri hingga sekarang. Sementara, penduduk setempat percaya itu adalah salah satu dari banyak trik yang hanya diketahui oleh orang dahulu. Sampai sekarang, belum ada yang tahu apakah itu adalah keajaiban arsitektur atau berkembang secara alami.

2 dari 4 halaman

Kuil Bersejarah

Tak hanya unik, Kuil Lepakshi ternyata menjadi salah satu kuil bersejarah yang ada di India. Kuil yang juga dikenal dengan nama Veerabhadra ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-16. Kuil ini sendiri dibangun oleh dua bersaudara, yaitu Viranna dan Virupanna yang saat itu menjabat sebagai gubernur di bawah Kerajaan Vijayanagar yang dipimpin oleh Raja Achutaraya.

Lepakshi berasal dari kata 'Le Pakshi' yang berarti 'Bangkitlah, Burung'. Konon, kuil yang terletak di Desa Lepakshi ini berkaitan dengan cerita legenda Ramayana.

Kuil ini dihiasi banyak ornamen atau ukiran dewa, dewi, penari, penyanyi dan ratusan lukisan di tembok dalam kuil, luar, bahkan langit-langit yang menceritakan kisah Mahabharata, Ramayana, dan Purana. Menariknya lagi, di depan kuil terdapat sebuah ukiran besar yang berbentuk Nandi atau benteng besar hingga Gunung Siwa. Ukiran dari batu itu disebut-sebut sebagai salah satu ukiran terbesar di dunia.

Saat ini, Kuil Lepakshi jadi salah satu destinasi wisata yang kerap disambangi wisatawan. Mereka yang datang kebanyakan ingin membuktikan langsung keajaiban konstruksi di kuil tersebut.

3 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: