Sukses

Sempat Galang Dana Ratusan Miliar, Veteran Inggris Berusia 100 Tahun Dirawat karena Covid-19

Veteran berusia 100 tahun, Kapten Tom Moore, dirawat di rumah sakit usai dinyatakan positif COVID-19, ungkap sang putri.

Liputan6.com, Jakarta - Veteran Perang Dunia II Inggris, Kapten Tom Moore tengah dirawat di rumah sakit karena positif Covid-19. Pria berusia 100 tahun ini sempat mengumpulkan dana ratusan miliar untuk Layanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris pada 2020.

Sang veteran menjalani perawatan di Rumah Sakit Bedford pada Minggu, 31 Januari 2021 waktu setempat. Kabar dirawatnya Tom disampaikan oleh putrinya, Hannah Ingram-Moore, melalui akun Twitter pribadi.

"Aku ingin menginformasikan kepada semua orang bahwa hari ini (Minggu 31 Januari) ayahku dirawat di rumah sakit. Selama beberapa minggu terakhir dia dirawat karena pneumonia dan minggu lalu dinyatakan positif COVID-19, " tulis Hannah.

Ia melanjutkan, Tom berada di rumah bersamanya hingga sang veteran membutuhkan bantuan tambahan untuk pernapasan. Tom akhirnya dirawat di bangsal, meski tidak di ICU.

Dikatakan Hannah, perawatan medis ayahnya selama beberapa pekan terakhir begitu luar biasa. Ia dan pihak keluarga tahu bahwa staf yang luar biasa di Rumah Sakit Bedford akan mengupayakan segala hal yang mereka bisa untuk membuatnya nyaman dan berdoa kembali ke rumah secepat mungkin.

"Kami memahami bahwa setiap orang akan mendoakannya dengan baik. Kami tentu saja berfokus pada ayahku dan akan mengabari Anda ketika kami bisa," tutup putri sang veteran.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dianugerahi Gelar

Pada April 2020 lalu, Tom Moore menggalang dana lebih dari 40 juta dolar atau setara Rp561 miliar untuk Layanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris. Sang veteran mengumpulkan dana dengan berjalan 100 putaran di taman belakang rumahnya menjelang ulang tahunnya yang ke-100.

Veteran 100 tahun ini juga menerima 125 ribu kartu ulang tahun dari orang-orang seantero dunia, termasuk pesan dari Pangeran William dan Kate Middleton, bintang sepak bola Inggris Harry Kane, hingga Ratu Elizabeth II. Pada Juli 2020, Tom Moore dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Ratu di lapangan berumput di Kastil Windsor.

Ratu Elizabeth II menggunakan pedang milik ayahnya, Raja George VI. Ratu lantas berjalan sekitar delapan langkah untuk berdiri di depan Tom dan menyentuh kedua bahu sang veteran dengan pedang itu.

3 dari 3 halaman

Infografis Hindari 5 Hal Saat Pakai Masker Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.