Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Ketahui Syarat Baru Kunjungan Wisata ke Taman Nasional Baluran

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang syarat baru berwisata ke Taman Nasional Baluran. Sejumlah destinasi wisata di Tanah Air perlahan-lahan kembali membuka pintu bagi para pelancong.

Mengingat beroperasi di tengah masa pandemi Covid-19, ada beberapa ketentuan yang wajib dipatuhi, termasuk kunjungan wisata ke Taman Nasional Baluran. Taman nasional yang terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur ini telah dibuka lagi mulai 5 Januari 2021.

Beberapa kebijakan terkait kunjungan wisata pun disampaikan setelah kembali buka. Berita kedua yang banyak menarik perhatian adalah tentang persyaratan naik kereta api di masa PSBB Jawa-Bali.

Ada beragam hal yang perlu diperhatikan juga dipersiapkan sebelum naik kereta api antarkota di Pulau Jawa dan Sumatera. Adapun periode keberangkatan pada 9--25 Januari 2021.

Pertama, wajib menyiapkan surat keterangan hasil RT-PCR/Raapid Test Antigen. Berita ketiga yang banyak diminati adalah tentang gunung di Indonesia yang tutup di awal 2021. Ada beberapa pertimbangan hingga akhirnya pihak pengelola memutuskan menutup pendakian gunung di Indonesia untuk sementara.

Beberapa dari pengelola pun telah mengumumkan soal penutupan jalur pendakian. Lantas, mana saja gunung yang harus ditutup sementara?

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Jadi, kita simak rangkuman selengkapnya di bawah ini.

Ketahui Syarat Baru Kunjungan Wisata ke Taman Nasional Baluran

Sejumlah destinasi wisata di Tanah Air perlahan-lahan kembali membuka pintu bagi para pelancong. Mengingat beroperasi di tengah masa pandemi Covid-19, ada beberapa ketentuan yang wajib dipatuhi, termasuk kunjungan wisata ke Taman Nasional Baluran.

Taman nasional yang terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur ini telah dibuka lagi mulai 5 Januari 2021. Sebelumnya, Taman Nasional Baluran sempat ditutup mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 karena lonjakan kasus Covid-19 di Situbondo.

Selanjutnya…

Simak Persyaratan Perjalanan Kereta Api di Masa PSBB Jawa-Bali Kembali Berlaku

Kereta api menjadi moda transportasi yang banyak dipilih masyarakat untuk perjalanan jarak dekat dan jarak jauh. Mengingat hal itu, upaya menekan transmisi Covid-19 terus dilakukan, termasuk dengan penerapan kebijakan oleh pemerintah.

Hal ini merujuk pada Satgas Penanganan Covid-19 yang merilis Surat Edaran No. 1 Tahun 2021 mengenai Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Coronavirus Disease (COVID-19). Juga Kementerian Perhubungan yang mengeluarkan Surat Edaran No. 4 Tahun 2021, tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Dengan Transportasi Perkeretaapian Dalam Masa Pandemi Coronavirus Disease (COVID-19).

Selanjutnya…

6 Gunung di Indonesia yang Tutup Sementara pada Awal 2021

Para pecinta alam agaknya harus libur mendaki gunung dalam beberapa waktu. Pasalnya, ada beberapa pertimbangan hingga akhirnya pihak pengelola memutuskan menutup pendakian gunung di Indonesia untuk sementara.

Bukan hanya akibat pandemi Covid-19 yang saat ini tengah melanda dunia. Di sisi lain, pengelola juga menilik lebih jauh terkait faktor alam hingga cuaca ekstrem berujung penutupan pendakian gunung tersebut.

Selanjutnya…

2 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: