Sukses

Ketahui Syarat Baru Kunjungan Wisata ke Taman Nasional Baluran

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah destinasi wisata di Tanah Air perlahan-lahan kembali membuka pintu bagi para pelancong. Mengingat beroperasi di tengah masa pandemi Covid-19, ada beberapa ketentuan yang wajib dipatuhi, termasuk kunjungan wisata ke Taman Nasional Baluran.

Taman nasional yang terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur ini telah dibuka lagi mulai 5 Januari 2021. Sebelumnya, Taman Nasional Baluran sempat ditutup mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 karena lonjakan kasus Covid-19 di Situbondo.

Beberapa kebijakan terkait kunjungan wisata pun disampaikan setelah kembali buka. Hal tersebut diungkap lewat keterangan yang dibagikan melalui akun Instagram Taman Nasional Baluran.

Taman nasional ini mengeluarkan Surat Edaran Nomor SE. 881/T.37/TU/KSA.1/1/2021 mengenai persyaratan kunjungan wisata pada objek dan daya tarik wisata alam Taman Nasional Baluran. Surat ini ditujukan kepada masyarakat dan pengunjung wisata.

Bagi pelancong wajib membawa KTP atau Kartu Identitas lain yang berlaku, serta bagi pengunjung yang berasal:

1. Dalam Provinsi jawa Timur wajib menunjukkan hasil Rapid Test Antibody (masa berlaku tiga hari).

2. Luar Provinsi Jawa Timur wajib menunjukkan hasil Rapid Test Antigen (masa berlaku tiga hari).

3. Luar Negeri/Asing wajib menunjukkan hasil Swab PCR (masa berlaku tiga hari).

Adapun persyaratan kunjungan wisata ke Taman Nasional Baluran tersebut adalah dalam upaya meminimalkan dampak risiko meluasnya Covid-19 bagi pengunjung, petugas, pelaku wisata, dan masyarakat.

2 dari 4 halaman

Mengisi Formulir

Merujuk dari salah satu pertanyaan yang diajukan di kolom komentar, pengunjung juga harus reservasi terlebih dulu sebelum ke Taman Nasional Baluran. Proses pemesanan ini dilakukan dengan mengisi formulir kunjungan.

"Pembayaran tiket masuk dilakukan di tempat penjualan tikethttps://bit.ly/FormKunjunganTNBaluran," demikian bunyi keterangan tersebut.

Setelahnya, pelancong akan diminta menunjukkan email bukti booking pada petugas di pintu masuk.

3 dari 4 halaman

Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: