Sukses

Tak Melulu Taman Nasional Komodo, 6 Destinasi Wisata Berikut Siap Jadi Pesona Labuan Bajo

Dari bukit, sampai kampung air, Labuan Bajo siap masuk wish list destinasi wisata impian Anda di Indonesia.

Liputan6.com, Labuan Bajo - Gagasan Labuan Bajo semata jembatan menuju Taman Nasional Komodo (TNK) sudah seharusnya ditinggal jauh-jauh. Pasalnya, wilayah pelabuhan di Kabupaten Manggarai Barat ini juga punya lusinan pesona yang menawannya boleh diadu dengan destinasi wisata populer lain.

Mulai dari lanskap alam berbukit-bukit, hingga cantik pantai yang menggenapi kunjungan ke area pesisir, semua siap menyambut. Catatannya, karena pandemi COVID-19 masih berlangsung, keputusan berwisata harus dipikirkan sematang mungkin.

Sebagai salah satu destinasi super prioritas, pembangunan di sini tengah dikebut, baik secara infrastruktur maupun keterlibatan masyakarat dalam memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif setempat, menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam kunjungan kerja ke Labuan Bajo, Kamis, 7 Januari 2021.

Jadi, setelah lebih aman, Anda bisa mempertimbangkan menjelajah Labuan Bajo yang tak melulu TNK. Berikut beberapa destinasinya seperti dirangkum Liputan6.com, Senin (11/1/2021).

1. Bukit Sylvia

Berjarak 15 menit berkendara dari pusat kota, destinasi yang juga dikenal sebagai Amelia Sea View ini memang terkenal sebagai titik melihat matahari terbenam. Padahal, karena letaknya, tempat ini juga cocok jadi spot menyaksikan matahari terbenam.

Jalannya yang mulus, namun terdapat belokan, naikan, dan turunan di sana-sini, membuat destinasi wisata satu ini masuk dalam track seru para pesepeda. Anda bisa memilih naik ke bukit bagian kiri yang lebih rendah maupun menjajal sensasi melihat lepas pesisir Labuan Bajo dari puncak bukit lebih tinggi di sebelah kanan.

2. Gua Batu Cermin

Ini sudah jadi langganan banyak pelancong sejak beberapa tahun lalu saat menyambangi Labuan Bajo. Dikatakan demikian karena stalaktit dan stalagmit di dalam gua akan bercahaya saat terkena sinar matahari. Pagi hari, kurang lebih sampai pukul 10 waktu setempat, adalah waktu terbaik untuk berkunjung ke sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Pantai Pede

Memenuhi definisi pesisir untuk leyeh-leyeh dengan bentangan pasir landai di sepanjang mata memandang, Pantai Pede jadi spot favorit untuk berucap salam pada matahari terbenam. Anda bisa puas jalan bertelanjang kaki untuk merasakan lembut pasir sewarna tembaga ditemani deburan ombak.

4. Kampung Air

Pergi ke suatu tempat tak lengkap rasanya jika tak mengamati interaksi warga lokal. Gagasan itu bisa Anda realisasikan saat berkunjung ke Kampung Air.

Jejak multikultur warga Labuan Bajo akan tampak saat menjelajah kawasan ini. Mengenali kebiasaan, bahkan menyulam percakapan tentu akan membuat perjalanan tak semata pergi ke tempat baru.

3 dari 4 halaman

5. Puncak Waringin

Puncak Waringin disebut-sebut sebagai spot terbaik untuk menikmati senja di Labuan Bajo. Dari sini, Anda bisa melihat paras langit berubah jadi "ledakan" banyak warna. Sibuk khas pelabuhan yang masih masuk dalam bingkai panorama pun akan meninggalkan kesan orisinalitas.

Tempat ini bahkan jadi salah satu yang tak mungkin terlewat ketika berkunjung ke Labuan Bajo. Letak Puncak Waringin membuat Anda akan melewatinya, bahkan hingga beberapa kali, jika berniat tinggal untuk tiga hingga empat hari.

6. Kampung Ujung

Puas berjalan-jalan, saatnya mengisi perut dengan hidangan khas Labuan Bajo. Sebagaimana kawasan pesisir lain, makanan laut juga jadi primadona di sini. Kesegaran bahan jadi kunci dalam pengolahannya. Jadi, sempatkan untuk mampir ke sentra kuliner di Kampung Ujung.

4 dari 4 halaman

Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.