Sukses

Kena PHK, Pilot Asal Malaysia Banting Setir Jadi Penjual Burger

Liputan6.com, Jakarta -  Dunia penerbangan termasuk yang terdampak parah karena pandemi corona Covid-19. Masa krisis ini ada banyak yang kehilangan pekerjaan, termasuk para pilot pesawat terbang.

Tak sedikit dari mereka yang memilih beralih profesi untuk memenuhi kebutuhan. Meski tidak lagi menjadi pilot karena kena PHK dari maskapai tempatnya bekerja, seorang pria asal Malaysia tak mau larut dalam kesedihan dan banting setir berjualan burger.

Dilansir dari Malay Mail, 27 November 2020, adalah Mohammed Naeem Md Nassir, seorang pilot banting setir menjadi penjual burger. Tadinya, ia bekerja di Malaysian Airlines Bhd mulai dari 2014 sampai 2018. Pada 2018, pilot tersebut pindah ke maskapai Oman Air untuk melanjutkan kariernya. Namun ternyata, tempatnya bekerja ikut terdampak corona Covid-19 hingga Naeem terimbas PHK.

Untuk bertahan hidup, pilot tersebut sempat mengambil pekerjaan sebagai freelancer videografer drone tapi hanya sementara waktu. Inspirasi membuat burger bermula ketika masa lockdown di Malaysia berlangsung. Selama di rumah, Naeem dan istrinya bereksperimen tentang burger yang menjadi favorit mereka ketika berada di Oman.

"Burger yang biasa saya nikmati harganya mahal, jadi kami membuat burger yang lebih terjangkau dengan kualitas sama," ungkap Naeem. 

Ia mengaku butuh waktu satu sampai dua bulan untuk belajar serta terbiasa memasak dan memangang burger. Setelah terbiasa mereka baru memutuskan untuk membuka kedai burger dengan uang tabungan Naeem saat masih bekerja.

Meski lama bekerja sebagai pilot, Naeem merasa sama sekali tidak bosan membuat burger setiap hari. Kini, keduanya membuka gerai burger bernama Smashed di Bukit Jelutong, Shah Alam, Malaysia.

 
2 dari 4 halaman

Dari Kokpit ke Panggangan

"Dulu saya terbiasa di kokpit, menerbangkan pesawat. Kini saya beralih ke hal baru, di mana saya bisa secara konstan berdiri berdampingan dengan panggangan," lanjut pria berusia 30 tahun tersebut.

Burger ala Oman yang dijual oleh Naeem dibanderol mulai dari 13 ringgit Malaysia atau sekitar Rp40 ribuan per buah. Selain di Malaysia, seorang pilot dari Rusia bernama Roman Savin juga mengalami hal yang hampir sama.

Dilansir dari Boredpanda, pria 23 tahun ini sempat menjadi viral karena mengunggah foto yang sangat berbeda terkait dengan pekerjaannya. Sebelumnya, Roman sendiri mulai aktif menjadi seorang pilot dalam waktu tiga tahun terakhir. Namun karena adanya COVID-19 perusahaan pun harus mengurangi jadwal penerbangan.

Memiliki waktu yang cukup banyak saat tak ada jadwal terbang, Roman pun memilih untuk bekerja di toko suku cadang penerbangan sebagai agen penjualan. Tak hanya itu saja, ia juga bekerja sebagai pengantar makanan.

3 dari 4 halaman

Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: