Sukses

Kisah Kaus Nomor 10 Diego Maradona, dari Freddie Mercury hingga Lelang

Liputan6.com, Jakarta - Legenda sepakbola dunia Diego Maradona meninggal dunia akibat serangan jantung, Rabu (25/11/2020). Lewat kepiawannya mengolah si kulit bundar, Maradona berhasil mengantarkan Argentina menjadi juara pada ajang bergengsi Piala Dunia 1986.

Kepergian Maradona menjadi duka tersendiri, tak hanya bagi dunia sepakbola Argentina, tapi juga sepakbola dunia. Pemain yang dikenal dengan gol 'Tangan Tuhan' itu merupakan sosok legenda.

Tak hanya perilakunya yang sering mencuri perhatian publik, tapi juga jersey atau kaus bola yang dikenakannya. Pemain dengan jersey nomor punggung 10 itu diburu banyak orang.

Hal itu terbukti saat jersey Maradona dilelang pada April 2020 oleh mantan pesepak bola tim nasional Italia, Ciro Ferrara. Di luar dugaan, jersey tersebut laku terjual dengan harga fantastis, hampir menembus angka Rp1 miliar.

Saat itu, Ferrara mendapat jersey Maradona usai pertandingan Italia vs Argentina pada 10 Juni 1987. Ferrara yang sedang menjalani debut bersama timnas Italia, merasa sangat beruntung bisa bertukar kaus dengan Maradona. Ferrara sendiri pernah satu tim dengan Maradona saat memperkuat klub Italia, Napoli.

2 dari 4 halaman

Tukar Kaus

Tak hanya jersey yang dilelang oleh Ciro Ferrara yang laku terjual dengan harga hampir satu miliar. Ia juga sempat melelang satu jersey timnas Argentina yang lain untuk membantu korban virus corona di Amerika Latin. Jersey tersebut merupakan kaus yang ia pakai saat negaranya juara Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Sebelumnya, jersey Maradona menarik perhatian Freddie Mercury dari Queen. Dalam sebuah konser Queen pada 1981 di Argentina, ia sempat bertukar kaus dengan Freddie, dilansir dari laman feelnumb.com, Rabu, 25 November 2020.

Freddie kemudian mengenakan kostum Argentina bernomor 10 itu yang biasa dikenakan Maradona. Freddie tampak senang mengenakan kaus Maradona itu, begitu juga dengan Maradona yang menerima kaus Union Jack dari Freddie. Mereka bahkan sempat foto bersama di belakang panggung.

3 dari 4 halaman

Liburan Aman

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini: