Sukses

Berbekal Rp104 Miliar, Ridwan Kamil Siapkan Situ Bagendit Jadi Destinasi Wisata Utama Jawa Barat

Liputan6.com, Jakarta -  Jawa Barat termasuk salah satu provinsi yang punya banyak tempat wisata indah dan menarik. Mereka pun berinovasi agar bisa lebih banyak menarik perhatian wisatawan.

Dalam beberapa tahun terakhir, pembangunan infrastruktur pariwisata dilakukan di sejumlah titik. Rencana pembangunan juga dijalankan pada Situ Bagendit. Danau di Garut ini lebih dipercantik agar menarik lebih banyak wisatawan.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. "(Pembangunan) akan dimulai minggu depan. Untuk dijadikan destinasi wisata terbaik di Jawa Barat," tulis Ridwan Kamil dalam unggahan di akun Instagramnya pada 3 November 2020.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini menuliskan, proyek tersebut merupakan tindak lanjut atas masukan Pemerintah Provinsi Jabar kepada Presiden Joko Widodo. Diketahui, Jokowi bersama Menteri PUPR, Basuki Hadimulyono sempat mengadakan kunjungan kerja ke Situ Bagendit pada awal 2019 lalu.

Ia menargetkan proses pembangunan akan selesai dalam 14 bulan ke depan. Sedangkan, anggaran yang disiapkan untuk proyek ini mencapai Rp104 miliar.

"Insya Allah akhir tahun depan sudah bisa pangling untuk dipergunakan seluasnya untuk masyarakat," tulis Ridwan Kamil.

Dalam unggahannya, Ridwan Kamil menyertakan gambar konsep yang akan menjadi wajah baru Situ Bagendit. Rencananya, akan ada dermaga kecil dan aula dengan konsep terapung. Tersedia pula area bersantai di tepi danau serta taman yang dilengkapi fasilitas menarik.

2 dari 3 halaman

Keliling Danau dengan Rakit

Kawasan wisata Situ Bagendit berlokasi di desa Bagendit, Banyuresmi, Kabupaten Garut. Tempat tersebut mempunyai wisata air berupa danau yang banyak dikunjungi wisatawan dan lokasinya tidak jauh dari pusat kota Garut.

Danau ini punya panorama alam yang cukup indah dengan gunung-gunung mengelilinginya. Yang terlihat jelas terutama adalah Gunung Guntur, Gunung Cikuray dan Gunung Haruman.

Dilansir dari laman Indonesia Kaya, tidak hanya menikmati keindahan panorama danau dan sekitarnya, pengunjung juga dapat menaiki rakit yang terdapat di area danau. Mengelilingi danau menggunakan rakit akan menjadi pengalaman tersendiri saat berkunjung ke Situ Bagendit.

Rakit yang terbuat dari bambu dan digerakkan dengan cara tradisional semakin menambah kenikmatan berkunjung ke tempat ini. Jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan berfoto karena keindahan Situ Bagendit terasa berbeda saat menaiki rakit.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: