Sukses

Tak Hanya di NTT, Komodo Juga Ada di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta -  Melihat komodo secara langsung di habitatnya memang bisa memberi pengalaman sangat berharga. Namun, Anda harus menyiapkan bujet khusus untuk merencanakan perjalanan ke Taman Nasional Komodo (TNK) di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ditambah lagi, saat ini masih masa pandemi, sehingga perlu banyak pertimbangan dan pemenuhan sejumlah persyaratan untuk pergi ke tempat yang jauh.

Bagi yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, Anda juga bisa melihat komodo secara langsung tanpa harus berpergian jauh. Anda bisa melihat langsung hewan purba ini di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Dilansir dari laman resmi Taman Margasatwa Ragunan, Jumat (30/10/2020), tempat komodo terletak bersebelahan dengan kandang gajah, tepatnya berada di dekat pintu barat TM Ragunan.

Satwa yang dijuluki dinosaurus terakhir di muka bumi ini keberadaannya baru dikenal luas pada 1910. Waktu itu, pemerintah kolonial Belanda mendengar kisah rakyat soal buaya yang hidup di darat.

Beberapa tahun kemudian, sebuah makalah ilmiah terbit, mengidentifikasi komodo sebagai kadal monitor. Nama latin Varanus komodoensis pun disematkan padanya. Mulai 1915, Pemerintah Hindia Belanda memutuskan untuk melindungi hewan langka itu.

2 dari 3 halaman

Kalah Populer dari Gajah

Meski banyak yang berkunjung ke Pulau Komodo, di Ragunan peminatnya justru tidak terlalu banyak.  Dilansir dari kanal News Liputan6.com, komodo ternyata kurang menarik minat pengunjung Kebun Binatang Ragunan.

"Komodo itu kan jenis reptil yang tak banyak gerak, sehingga kurang populer dibanding binatang lain, seperti gajah atau harimau," ucap Kepala Humas Kebun Binatang Ragunan, Wahyudi Bambang.

Menurut Wahyudi, komodo kurang digemari karena kurang atraktif sehingga tak menghibur pengunjung yang datang. Fauna yang digemari oleh para pengunjung, lanjut Wahyudi, adalah gajah.

Di masa PSBB transis, TM Ragunan buka lebih awal, yaitu mulai pukul 07.30 – 15.00 WIB, dari hari Selasa sampai Minggu, sedangkan hari Senin tutup karena merupakan hari libur satwa.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: