Sukses

Menuju Teras di Atas Awan Menaiki Gondola Terbesar di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Saat musim dingin tiba, mengunjungi Nagano, Jepang, belum lengkap jika tidak mencoba menikmati ski. Ryuoo Ski Park adalah salah satu pilihan terbaik untuk semua level pemain ski atau snowboarder. Tapi, fasilitas yang paling menarik perhatian adalah keberadaan kereta gantung atau gondola terbesar di dunia.

Gondola tersebut dapat mengangkut 166 orang dalam sekali perjalanan. Saya bersama rombongan JNTO berkesempatan menaiki gondola terbesar di dunia tersebut pada awal Maret 2020 lalu.

Ada dua tujuan wisatawan menaiki gondola ke ketinggian sekitar 1.700 mdpl itu. Yang pertama tentu saja untuk menuju titik luncur tertinggi untuk bermain ski. Lainnya adalah mengunjungi Sora Terrace atau bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, berarti Teras Langit.

Nama tersebut disematkan bagi kafe cantik yang berada di ketinggian ribuan meter. Tak hanya populer di musim dingin, Sora Terrace juga banyak dikunjungi wisatawan saat musim panas. Mereka biasanya mencari posisi terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam dari ketinggian.

"Jika saat musim dingin, pemandangan di sini bisa disebut sebagai negeri di atas awan. Tetapi saat musim panas, istilahnya menjadi, seperti naik ke surga," ungkap Didik Lutfi, penerjemah kami. 

Namun, kesempatan tersebut belum berhasil saya dapatkan. Langit cukup mendung saat rombongan kami berkunjung, sehingga yang terlihat hanya awan. Anda bisa mengakses Ryuoo Ski Park, Jepang, dari Stasiun Yudanaka menggunakan bus gratis yang beroperasi sejak 08.30 hingga 16.30 waktu setempat.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Kapan Waktu Terbaik ke Sana?

Jawabannya adalah saat musim dingin. Sebelum pandemi, musim dingin menjadi musim tersibuk karena bertepatan dengan musim liburan di Jepang. Tak pelak, banyak wisatawan yang memanfaatkan momen untuk menikmati salju di Nagano.

Jika Anda tak suka keramaian, mengunjungi Sora Terrace di musim semi atau panas pun tidak akan mengecewakan. Jika beruntung, Anda bisa merasakan sensasi seperti naik ke surga, sesaat saat matahari terbenam di awan di depan mata Anda. 

Beda lagi pengalaman yang ditawarkan di musim gugur. Anda akan melihat sekeliling seperti lautan berwarna merah, oranye dan kuning dari ketinggian 1700 mdpl, hanya 10 menit menggunakan kereta gantung.

3 dari 4 halaman

Makan Malam di Kamakura

Sebelum meninggalkan kawasan Ryuoo Ski Park, jangan lewatkan untuk makan malam mengesankan di Kamakura Dining Pot. Tempatnya didesain berbentuk Kamakura yang disebut-sebut sebagai iglo-nya Jepang. Bentuknya mirip iglo tetapi penutupnya semacam tenda berwarna putih.

Pengunjung tetap dapat merasakan kehangatan saat memasukinya, terutama karena selimut tebal di bawah meja makan. Kabar baik bagi pengunjung Muslim, tersedia menu ramah muslim berupa nabe (hotpot daging) yang berasal dari daging sapi, dengan pendamping udon dan dua onigiri cukup besar dengan hiasan berbentuk beruang di atasnya.

Setelah menyantap habis menu utama, giliran dessert yang dijajal, berupa marshmallow dan ketela untuk dibakar bersama di luar Kamakura. Jangan lupa untuk memesan jus apel karena apel Nagano terkenal di seluruh Jepang. Sepanjang jalan di Nagano perkebunan apel membentang tak ada habisnya.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: