Sukses

Koleksi Riuh ala Rama Dauhan di Nusantara Fashion Festival 2020

Rama Dauhan kembali membangkitkan kembali budaya sepatu roda

Liputan6.com, Jakarta - Peragaan busana virtual persembahan Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020 berlangsung pada 16--17 Agustus 2020. Gelaran untuk mendukung UMKM Tanah Air ini menampilkan karya-karya kolaborasi antara 75 desainer dan artisan.

Suguhan ini dapat disaksikan melalui sistus web NUFF dan Vidio.com. Salah satunya kolaborasi di penyelenggaran hari pertama, Minggu (16/8/2020), merupakan karya-karya dari Rama Dauhan dan Egon. Rama membawa koleksi yang mengusung tajuk "Riuh".

"Riuh mengambil tema dari dari budaya sepatu roda yang sekarang sedang marak lagi. Kebetulan koleksi ini sudah saya siapkan sejak akhir tahun 2019," kata Rama Dauhan dalam konferensi pers NUFF 2020 secara daring, Minggu (16/8/2020).

Sang desainer menambahkan, untuk warna koleksinya yang sesuai dengan judul tema diusung, warna-warnanya pun riuh dan beraneka ragam. Begitu pula dengan cutting outfit yang ditampilkan.

"Cutting-nya juga macam-macam dari yang sangat dekonstruktif sampai yang sangat simpel untuk styling-nya juga kebetulan didukung sama Dr. Martens," tambahnya.

Sang desainer mengangkat nuansa gemerlap yang penuh energi juga acak coran era 80-an. Warna-warna tersebut meliputi hijau neon, orange, fuschia, lavender, mint, cokelat, mustard dengan berbagai motif, yakni bunga, grafis, hingga abstrak.

Motif tersebut lantas dikembangkan kembali dengan sentuhan teknik bordir, patch bordir, beading embellishment, juga teknik quilting yang cukup mendominasi koleksi kali ini. Sentuhan itu menciptakan motif baru tanpa meninggalkan kesan klasik.

"Ada beberapa look yang mungkin bisa dilihat kayaknya mungkin agak nyeleneh dibandingkan koleksi Rama Dauhan sebelumnya," jelas Rama.

Koleksi riuh di Nusantara Fashion Festival 2020 turut menghadirkan beragam volume pas badan, longgar, hingga oversized. Serta, penggunaan paduan bahan jacquard, tulle, wool, cotton, parachute, hingga canvas yang di-print dengan motif-motif yang telah dikembangkan dari gaya poster klasik ala Eropa dan Amerika.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rama Dauhan x Egon

Karya-karya Rama Dauhan turut ditampilkan bersama sentuhan tas dari Egon. Sebut saja De Jour, tas satin berdetail crochet dengan warna lembut, tetapi terdapat aksen pegangan berwarna kontras neon.

Tas ini merupakan manifestasi fisik dari dua film Catherine Deneuve yakni, Belle De Jour dan Peau d’âne. Ada pula Dej 3 yang ditambah tekstur boble dan sentuhan warna cerah, serta Apres, yang lahir dari gagasan untuk membuat easy bag yang dapat digunakan untuk kegiatan pagi hari dan setelahnya.

Sementara, fashion show virtual Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020 akan digelar di hari kedua, Senin (17/8/2020). Special gala show ini akan dimeriahkan oleh sederet karya-karya dari desainer dan artisan ternama lainnya. Bakal ada pula penampilan spesial dari Rossa, Hindia, Afgan, dan Sara Fajira.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.