Sukses

Nusantara Fashion Festival 2020 Tampilkan Karya 75 Desainer Lokal Secara Virtual

Nusantara Fashion Festival 2020 bakal digelar selama dua hari yakni 16--17 Agustus mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam industri perlahan-lahan bangkit dari hantaman pandemi corona Covid-19, termasuk industri kreatif dan fashion. Produktif berkarya jadi wujud nyata semangat para anak bangsa dalam mempersembahkan suguhan terbaik. Salah satunya dalam acara Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020.

Mengingat masih dalam kondisi pandemi dan PSBB transisi di Jakarta, gelaran ini akan diselenggarakan secara virtual selama dua hari, yakni 16--17 Agustus 2020 mendatang. Para penonton dan undangan dapat menyaksikan peragaan busana melalui situs web NUFF atau di Vidio.com secara gratis.

Festival fashion virtual ini dilaksanakan untuk menggaungkan gerakan nasional "Bangga Buatan Indonesia". Begitu pula, memberikan dukungan kepada UMKM Indonesia yang terdampak karena masa pandemi.

CEO of Samara Media & Entertainment Ben Soebiakto, selaku penyelenggara, berharap kreasi kolaborasi mode ini dapat mengedukasi, menginspirasi pelaku industri mode, dan bertransformasi dalam kondisi sulit ini. Dibutuhkan kreativitas untuk memberdayakan kemampuan yang jadi solusi bertahan di masa new normal.

"Kami berharap Nusantara Fashion Festival mempersuasi masyarakat Indonesia untuk berkontribusi dan menggerakkan roda ekonomi kembali pada teman-teman, supaya bangga sama buatan Indonesa, terutama untuk industri fashion-nya," kata Ben dalam konferensi pers daring, Selasa, 28 Juli 2020.

Acara yang digelar bersama Bank BRI dan Kementerian BUMN, dilihat Ben sebagai sebuah tantangan yang besar. Hal ini karena harus mengeksekusi sebuah program yang 100 persen virtual fashion event.

"Di mana mengolaborasi dan persiapannya membutuhkan limitasi karena masih dalam posisi PSBB transisi juga," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsep Kolaborasi

Ben melanjutkan, pihaknya mengusung konsep kolaborasi dengan menggandeng beragam pihak dengan masing-masing spesialisasinya. Ada enam kurator yang terlibat, yakni Didiet Maulana, Dian Muljadi, Jay Subyakto, Anton Wirjono, Direktur SMESCO Indonesia (Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM) Leonard Theosabrata, dan Direktur Konsumer Bank BRI Handayani.

"Di antara enam orang ini menyatukan konsep karena masing-masing punya network. Ibu Dian Muljadi pastinya besar koneksinya dengan fashion desainer yang sudah high-fashion, Mas Didiet akan bantu tracking siapa saja UMKM yang layak untuk kita ajak kolaborasi," kata Ben.

Untuk show, nama Jay Subyakto telah tersohor kerap terlibat dalam penggarapan konser hingga event offline. Sedangkan, Anton Wirjono yang akan membantu dari sisi musik.

"Dalam sisi konsep, kita bekerja sama dengan 75 desainer karena kita akan membuat show selama dua hari 16--17 Agustus karena ini memperingati 75 tahun Kemerdekaan Indonesia," tambahnya.

Selain show selama dua hari, sepanjang Agustus, Nusantara Fashion Festival 2020 juga akan memiliki 60 fashion talkshow dengan para pembicara. Nantinya, dalam show juga akan dimeriahkan oleh para musisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.