Sukses

Tenun Indah dalam Pakaian Adat Sabu yang Dikenakan Jokowi

Tak lupa, Jokowi juga mengenakan masker hitam sebagai bentuk perlindungan di masa pandemi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir pada Sidang Tahunan MPR RI 2020 dan Pidato Kenegaraan pada Jumat (14/8/2020). Penyampaian pidato di momen ini dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima Liputan6.com, Jokowi tiba di Gedung Nusantara sekitar pukul 08.25 WIB. Ia tampak dalam balutan pakaian adat khas Sabu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pulau Sabu sendiri merupakan pulau terdepan di bagian ujung selatan Indonesia. Kehadiran Jokowi disambut oleh Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, dan Ketua DPD La Nyalla Mattalitti.

"Dengan mengenakan pakaian adat ini, Presiden Joko Widodo hendak mengajak masyarakat untuk mencintai produk-produk Indonesia yang dikenal kaya akan seni kriya, tenun, serta kebudayaan Nusantara," ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, kepada Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Sementara, Jokowi terlihat mengenakan atasan lengan panjang dan bawahan panjang yang sama-sama bernuansa hitam. Rangkaian pakaian adat hadir dalam sentuhan hitam dan corak emas yang menghiasi.

Sebut saja dua selendang yang disampirkan di bahu kanan dan kiri Jokowi dengan pemakaian yang disilang. Lalu, ada pula ikat pinggang bernuansa emas yang turut melingkari. Bawahan hitam juga dipadu dengan kain tenun khas Sabu Raijua dengan motif mawar dan warna bernuansa senada. Adapun kain ini dibuat dari pewarna alami.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terapkan Protokol Kesehatan

Tampak pula penggunaan kalung emas bulat lengkap dengan ikat kepala berbentuk segitiga, masih dengan warna hitam dan corak emas yang sama. Tak lupa, Jokowi mengenakan masker hitam sebagai penerapan protokol kesehatan di masa pandemi.

Lewat kesempatan ini, Jokowi menyampaikan pidato Penyampaian Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara dan Pidato dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI tersebut digelar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kehadiran secara fisik para anggota MPR dan tamu undangan dibatasi agar dapat menjalankan protokol menjaga jarak dengan baik. Sebagian lainnya mengikuti jalannya sidang melalui konferensi video.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.