Sukses

Arti Nama 4 Cucu Jokowi yang Punya Tiga Suku Kata

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memiliki empat cucu per Senin, 3 Agustus 2020. Setelah putrinya, Kahiyang Ayu, melahirkan anak kedua.

Pengumuman kelahiran cucu keempat Jokowi baru disampaikan pada keesokan harinya di RS YPK Mandiri. Suami Kahiyang, Bobby Nasution yang menyampaikan berita bahagia ini didampingi dokter yang bertanggung jawab dalam persalinan istrinya.

Bobby mengabari persalinan dilakukan melalui operasi caesar mengingat kondisi kesehatan Kahiyang tak memungkinkan melahirkan secara normal. Dengan begitu, putri Jokowi tersebut sudah dua kali menjalani operasi caesar.

Saat jumpa pers itu, Bobby mengaku sudah menyiapkan nama untuk putranya. Hanya saja, ia menolak mengungkapkannya kecuali bahwa nama belakangnya saja, Nasution, yang tak lain merupakan marga Bobby.

Rasa penasaran publik pun mencuat dan baru terjawab seminggu kemudian. Pada 10 Agustus 2020, melalui akun Instagramnya, Bobby mengungkapkan nama sang putra, yakni Panembahan Al Nahyan Nasution.

"Kenalkan namaku "Panembahan Al Nahyan Nasution", adeknya kak Sedah Mirah Nasution," tulis Bobby.

Nama anak kedua Kahiyang-Bobby terbilang tak biasa. Jarang ada orang yang menamai anaknya demikian. Tapi, cucu keempat Jokowi bukanlah satu-satunya yang memiliki nama unik. Tiga cucu lainnya juga demikian. Mari kita kilas balik nama cucu-cucu Jokowi.

2 dari 6 halaman

Jan Ethes Srinarendra

Jan Ethes Srinarendra merupakan anak pertama pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda. Bocah lelaki ini lahir pada 10 Maret 2016 di RS PKU Muhammadiyah, Solo.

Jan memiliki arti sangat, Ethes berarti cekatan, dan Srinarendra berarti pemimpin yang cerdas. Menurut Gibran, nama tersebut diberikan oleh sang ayah. Setelah memasuki usia 4 tahun, sosok bocah yang kerap dipanggil Ethes ini kerap menarik perhatian dengan tingkahnya yang menggemaskan.

3 dari 6 halaman

Sedah Mirah Nasution

Sedah Mirah Nsution merupakan putri pertama dari pasangan anak kedua Jokowi, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Ia lahir di rumah sakit yang sama dengan adik lelakinya, pada 1 Agustus 2018 di Jakarta.

Berasal dari bahasa Jawa, Sedah Mirah berarti menawan, salihah, dan dermawan sehingga kedua orangtuanya memiliki harapan agar putrinya kelak menjadi anak menawan, salihah, dan dermawan bagi orang-orang di sekitarnya. Sementara, Nasution merupakan marga dari sang ayah.

4 dari 6 halaman

La Lembah Manah

La Lembah Manah menjadi cucu ketiga Jokowi yang lahir pada 15 November 2019. Anak kedua pasangan Gibran dan Selvi itu lahir melalui operasi caesar pada pukul 15.46 WIB di RS PKU Muhammadiyah Solo.

Gibran menyampaikan arti Lembah Manah yang berarti rendah hati. Sedangkan, La-nya adalah singkatan dari Luwes anakku, lomo anakku.

Luwes dan lomo merupakan bahasa Jawa. Luwes bermakna fleksibel, cepat beradaptasi, dan lomo bermakna senang berbagi.

5 dari 6 halaman

Panembahan Al Nahyan Nasution

Bobby tak serta merta menjelaskan makna nama Panembahan. Tetapi jika membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia, panembahan bisa berarti Raja atau yang Dipertuan. Nama tersebut juga sangat erat dengan gelar yang melekat pada pendiri Kesultanan Mataram, yakni Panembahan Senopati.

Sementara, Al Nahyan diambil dari Bahasa Arab yang berarti seseorang yang bijak. Nama ini juga menjadi salah satu marga terhormat di Uni Emirat Arab. 

 

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: