Sukses

Manfaat Menyeruput Teh Ginseng Korea

Liputan6.com, Jakarta - Meski namanya teh, teh ginseng sama sekali tak mengandung Camellia sinensis. Kandungan utama teh ginseng adalah Panax ginseng

Sejak lama, ginseng diyakini mengandung manfaat kesehatan. Dikutip dari laman WebMD, Senin (3/8/2020), hal itu karena adanya bahan aktif yang disebut ginsenosides.

Beberapa studi menemukan bahwa ginseng bisa meningkatkan sistem imun tubuh, sesuatu yang dibutuhkan semua orang di masa pandemi. Studi lain menyebutkan bahwa ginseng bisa menurunkan gula darah dalam tubuh. Maka, mereka yang mengidap diabetes disarankan berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Sejumlah penelitian awal juga menyebut ginseng bisa meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Kesehatan mental seseorang disebut juga membaik bila ginseng dikombinasikan dengan ginkgo. Meski demikian, banyak ahli yang merasa masih perlu penelitian lanjutan untuk membuktikannya.

Jadi, berapa banyak teh ginseng yang semestinya dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat kesehatan tersebut? Belum ada dosis standar yang ditetapkan untuk semua kondisi.

Apalagi, kualitas dan kandungan bahan aktif dalam teh ginseng sangat beragam antara satu produsen dan produsen lainnya. Hal itulah yang menyulitkan penetapan dosis standar. Maka itu, sangat disarankan untuk membeli teh ginseng dari perusahaan yang akuntabel.

"Karena ini akar yang sangat mahal, ada risiko produsen yang tidak terpercaya menjual ginseng yang tercemar atau kandungannya lebih rendah dari yang ditulis di botol," demikian pernyataan dari WebMD. 

2 dari 3 halaman

Teh Ginseng Merah

Merespons situasi pandemi, iLotte.com menghadirkan teh ginseng sebagai produk terbaru. Produk bernama Korean Ginseng Tea tersebut memiliki dua varian, yakni ginseng merah dan ginseng putih. 

Berdasarkan keterangan yang diterima Liputan6.com, baik teh ginseng merah maupun teh ginseng putih, terbuat dari ginseng yang berusia enam tahun. Cara mengonsumsinya mudah, cukup menyobek sachetnya dan dituangkan di gelas.

Anda bisa menyeduhnya dengan air panas atau air dingin, sesuai keinginan. Karena rasanya tawar, Anda bisa menambahkan madu untuk dapatkan rasa. Tetapi, saya lebih menyukainya tanpa tambahan apa-apa. Setelah meminumnya, badan terasa lebih hangat.

Korean Red Ginseng Tea itu diklaim memiliki setidaknya tujuh khasiat bagi kesehatan tubuh. Di antaranya, memperbaiki sirkulasi darah, meningkatkan stamina, memperkuat fungsi jantung, serta detoksifikasi dan memperbaiki kondisi kulit. Apakah benar?

Efeknya tidak terasa jika hanya meneguk segelas teh ginseng. Hanya saja, badan terasa segar setelah seharian duduk bekerja di depan laptop.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: