Sukses

Scoot Layani Kembali Rute Penerbangan Singapura-Surabaya per 17 Juli 2020

Liputan6.com, Jakarta - Scoot, maskapai penerbangan bertarif rendah milik Singapore Airlines Group, akan kembali melayani penerbangan antara Surabaya dan Singapura per 17 Juli 2020. Layanan tersebut hanya tersedia satu kali seminggu.

Rute penerbangan Singapura-Surabaya merupakan yang pertama dari lima rute Scoot yang sudah tidak beroperasi di Indonesia sejak Maret 2020 akibat pandemi Covid-19. Sementara, Singapore Airlines sudah terlebih dulu melayani penerbangan pulang pergi Jakarta-Singapura.

Dalam pembukaan kembali layanan, Scoot akan menerbangkan pesawat berbadan sempit Airbus A320. Berdasarkan penelusuran Liputan6.com, rute Singapura-Surabaya tersedia pada pukul 08.15 waktu Singapura. Sedangkan, rute Surabaya-Singapura tersedia pada pukul 10.15 WIB.

Perjalanan memakan waktu 2 jam 20 menit. Sejumlah layanan yang biasanya bisa dipesan penumpang juga dihilangkan sementara, seperti pesan makanan selama penerbangan dan memilih kursi secara daring.

Sebagai pengganti, para calon penumpang akan dipilihkan kursi saat melakukan check in di bandara. Sementara, penumpang akan mendapatkan makanan dalam kemasan yang disajikan saat penerbangan berlangsung.

Para calon penumpang Scoot diharapkan mengecek protokol kesehatan yang diberlakukan di masing-masing negara tujuan sebelum terbang. Hal itu untuk menghindari penolakan terbang karena tidak patuh terhadap aturan. 

2 dari 3 halaman

Penumpang Prioritas

Meski kembali membuka layanan, Scoot menetapkan penumpang tertentu sebagai prioritas. "Kami senang dapat kembali menerbangi rute antara Surabaya dan Singapura meskipun frekuensinya berkurang, untuk melayani penumpang yang perlu melakukan perjalanan saat ini, terutama mereka yang ingin kembali ke rumah," ujar Calvin Chan, Scoot Chief Commercial Officer, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Selasa, 14 Juli 2020.

Selain itu, Scoot juga memberlakukan kebijakan pembatalan penerbangan yang menawarkan pilihan kepada penumpang untuk mendapatkan pengembalian dalam bentuk uang tunai. Untuk pelanggan yang memilih pengembalian dalam bentuk voucer, Scoot menawarkan tambahan nilai voucer sebesar 20 persen sebagai bentuk apresiasi. Dari lebih dari 6.600 permintaan pengembalian dari Indonesia, sejauh ini Scoot telah memproses sekitar 96 persen.

Scoot memperpanjang kebijakan perubahan tanggal gratis sebanyak satu kali, untuk semua pemesanan yang dibuat melalui situs web atau aplikasi seluler Scoot mulai saat ini hingga 31 Juli 2020. Hal itu agar penumpang lebih percaya diri saat memesan tiket.

"Scoot telah memperkenalkan langkah-langkah kesehatan dan keamanan yang telah ditingkatkan demi menjamin keselamatan dan kesehatan penumpang dan kru, dan akan terus memantau perkembangan untuk membuka kembali lebih banyak rute penerbangan. Indonesia merupakan pasar yang penting bagi kami, dan beroperasinya kembali penerbangan antara Surabaya dan Singapura merupakan langkah positif menuju pemulihan," pungkas Chan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: