Sukses

Daftar Rute Penerbangan Sriwijaya Air yang Kembali Beroperasi Per 1 Juli 2020

Liputan6.com, Jakarta - Sriwijaya Air kembali mengaktifkan sejumlah rute penerbangan per hari ini, Rabu (1/7/2020). Kebijakan diambil lantaran maskapai meyakini masyarakat semakin disiplin melaksanakan seluruh protokol kesehatan di era new normal. 

Vice President Networking and Revenue Management Sriwijaya Air, A. Yani Azwar mengklaim pihaknya sudah menerapkan protokol kesehatan secara maksimal dalam setiap penerbangan, mulai dari pemesanan tiket hingga pembersihan kabin pesawat. Dengan rangkaian yang dijalani, maskapai yang pernah bekerja sama dengan Garuda Indonesia itu akan mengoperasikan kembali beberapa penerbangan rute domestik.

"Kami telah siap operasikan lagi beberapa rute domestik mulai 1 Juli 2020. Ada beberapa penerbangan dari/ke Jakarta," kata Yani dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Rute penerbangan dari/ke Jakarta meliputi tujuan Balikpapan, Batam, Medan, Padang, Pangkalpinang, Pontianak, Surabaya, Tanjung Pandan, Bandari Lampung, Makassar, dan Yogyakarta. "Sriwijaya Air juga sudah menyiapkan rute penerbangan lainnya di kawasan Indonesia bagian barat untuk dioperasikan kembali seperti; Batam – Natuna – Batam dan Yogyakarta (YIA) – Bandar Lampung – Yogyakarta (YIA)," imbuh dia.

Sriwijaya Air juga membuka rute dari/ke Balikpapan, meliputi tujuan Berau, Jakarta, Palu, Surabaya, Tarakan, dan Yogyakarta. "Kami informasikan juga bahwa di Sales Office Sriwijaya Air Balikpapan dan Pontianak kini sudah tersedia fasilitas rapid test yang melayani calon penumpang," tambahnya.

Terkait kawasan Indonesia bagian timur, Sriwijaya Air juga sudah menyiapkan beberapa rute yang akan dioperasikan kembali. Daftarnya meliputi Ternate – Ambon – Ternate, Jayapura – Biak – Jayapura, Makassar – Biak – Makassar, Jayapura – Timika – Jayapura, Luwuk – Makassar – Luwuk, Manokwari – Sorong – Manokwari, Sorong – Makassar – Sorong, Ternate – Surabaya - Ternate, Makassar – Surabaya – Makassar, Ternate – Makassar – Ternate, Makassar – Semarang – Makassar, Timika – Makassar - Timika dan Makassar – Yogyakarta (YIA) – Makassar.

"Sriwijaya Air Group telah menyiapkan fasilitas rapid test di Sales Office Sriwijaya Air di Makassar dan Airport Sales Office Sriwijaya Air di Sorong," kata Yani.

2 dari 3 halaman

Syarat Terbang

Mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung, sejumlah aturan penerbangan juga beradaptasi. Calon penumpang Sriwijaya Air diharapkan sudah hadir di bandara 3--4 jam sebelum jadwal keberangkatan. Mereka wajib memakai masker dan membawa hand sanitizer pribadi.

"Membawa dokumen wajib seperti Identitas diri (KTP/SIM/Paspor) dan hasil rapid test yang berlaku 14 hari. Awalnya, (rapid test) berlaku tiga hari, sekarang diperpanjang jadi 14 hari, sambil kita tunggu regulasinya seperti apa ke depannya," sambung dia.

Ia juga mengingatkan calon penumpang untuk selalu menjaga jarak aman saat proses antrean di check in counter, selama di bandara maupun di saat sudah ruang tunggu. Sementara, suhu tubuh penumpang selalu diperiksa sebelum terbang. Maskapai juga menyediakan hand sanitizer bagi penumpang yang akan naik ke dalam pesawat dan menyemprotkan disinfektan di kabin pesawat.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: