Sukses

4 Makanan Sehat untuk Basmi Lemak Membandel

Berolahraga dan mengonsumsi makanan yang tepat bisa membantu membasmi lemak perut.

Liputan6.com, Jakarta - Selama pandemi corona Covod-19, sebagian besar dari kita lebih banyak melakukan kegiatan di rumah. Lalu, apakah berat badan Anda semakin bertambah karena lebih sering menyantap makanan?

Mungkin Anda juga mulai merasakan adanya hal berbeda di bagian perut, yaitu adanya tumpukkan lemak perut yang cukup membandel. Tahukah Anda kalau dibiarkan terlalu lama, lemak perut dapat menyebabkan inflamasi yang bisa memicu penuaan dini dan berbagai macam penyakit?

Selain itu, adanya lemak perut juga meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kanker tertentu, dan bahkan penurunan fungsi kognitif seiring bertambahnya usia.

Berolahraga dan mengonsumsi makanan yang tepat bisa membantu membasmi lemak perut.  Selain itu, bisa juga lewat makanan, tentunya makaman yang sehat.

Dirangkum dari laman Health.com, setidaknya ada empat makanan yang dianggap terbaik untuk bisa membantu membasmi lemak di perut.

1. Avokad

Avokad merupakan buah unggulan yang mengandung lemak sehat, serat, antioksidan, dan sejumlah vitamin dan mineral. Salah satunya adalah potasium, mineral yang membantu fungsi jantung dan meregulasi tekanan darah sebagai diuretik alami yang menyingkirkan sodium dan cairan berlebih keluar tubuh.

Sebuah studi menyebutkan bahwa buah ini dapat membasmi lemak perut. Konsumsi avokad lebih rutin untuk mendapatkan manfaatnya, tiap hari lebih baik. Tapi ingat, jangan menambahkan pemanis seperti gula atau kental manis tiap kali mengonsumsi avokad karena mengandung banyak lemak.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Kacang-kacangan

Salah satu camilan yang sehat yang memberikan asupan lemak sehat dan protein nabati, antioksidan, serat, dan sejumlah besar vitamin serta mineral adalah kacang-kacangan.

Mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, kacang mede, dan walnut bisa membantu menurunkan indeks massa tubuh dan mengecilkan ukuran pinggang, sekaligus menghilangkan lemak perut.

3 dari 4 halaman

3. Gandum utuh

Konsumsi gandum utuh bisa membantu meningkatkan kesehatan kita, salah satunya dapat mengurangi lemak perut. Anda bisa mengonsumsi gandum utuh seperti oatmeal untuk sarapan, dan nasi merah atau cokelat untuk makan malam.

4 dari 4 halaman

4. Ikan salmon

Kandungan vitamin D dalam ikan salmon sangat baik untuk membantu menghilangkan lemak di perut. Kalau Anda tidak menyukai ikan maupun salmon, Anda bisa menggantinya dengan makanan yang difortifikasi dengan vitamin D, seperti susu kacang kedelai atau suplemen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.