Sukses

Meramu Hot Pot Kuah Mala Racikan Restoran Populer Asal Melbourne Langsung di Rumah

Kuah mala dari restoran Dragon Hot Pot ini terbuat dari lebih 24 rempah.

Liputan6.com, Jakarta - Kangen dengan makanan berkuah? Tak ada salahnya menikmati sajian hot pot di rumah. Apalagi, Anda tak perlu repot-repot meracik bumbu karena cairan rebusan sudah ditakar dengan teliti oleh ahlinya, seperti yang ditawarkan Dragon Hot Pot.

Restoran hot pot populer asal Melbourne itu baru-baru ini melebarkan sayapnya di Indonesia. Berada di bawah naungan Yamatoten Abura Soba Group, sebuah perusahaan F&B yang sedang berkembang, Dragon Hot Pot Indonesia menyajikan beberapa menu khas.

Salah satunya adalah kuah mala yang disebut Signature Ma La Tang yang sangat digemari oleh wisatawan mancanegara. Rahasia kuah yang kini sedang tren di Tanah Air tersebut terletak pada bumbu yang dipakai. 

Lebih dari 24 rempah dari Gunung Emei, Sichuan, China, digunakan untuk menciptakan kuah kental dengan nuansa keemasan. Di antaranya adalah dua jenis sichuan pepper, sichuan dried chili, peppercorn oil, black cumin, chili bean paste, blackpepper, sichuan chili flakes, dan beberapa jeni cabai dari China.

"Mengikuti resep kaldu hot pot Sichuan yang telah berusia seratus tahun," kata Ian Hendarto, pendiri Yamatoten Abura Soba Group dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Rabu, 27 Mei 2020.

Kuah mala ini terbilang gurih dengan rasa pedas yang baru terasa di kerongkongan setelah disantap berkali-kali. Cara penyajiannya juga mudah. Kuah mala yang dibekukan, cukup dipanaskan di dalam panci tanpa ditambahi air lagi. Saran saya, cukup gunakan api kecil saat memanaskan agar tidak gosong di pinggirannya.

Setelah kuah mencair dan mulai bergolak, baru masukkan lauk pelengkap yang sudah disediakan dalam Family Package. Pertama-tama, Anda bisa merebus beragam olahan bakso seafood. Dilanjutkan dengan jamur, pakcoy, dan daging sapi iris yang direbus cukup beberapa menit saja agar tidak kematangan.

Setelah 30 menit, hot pot ramuan sendiri bisa langsung disantap bersama keluarga. Dengan pemasakan yang tepat, pakcoy masih kriuk saat dikunyah, berpadu apik dengan daging sapi yang lembut dan jamur yang agak kenyal. Soal bakso, ada satu yang menarik perhatian saya, bakso udangnya. Kenyal dan ada tekstur yang mengingatkan saya pada tekstur jagung pipil.

Semangkuk hot pot cukup mengenyangkan dan bertahan untuk tak makan malam. Bila merasa kurang, Anda bisa menambahkan mi di dalamnya yang juga termasuk dalam paket keluarga tersebut. Bila kuah masih tersisa, sisihkan saja dan taruh di dalam kulkas. Anda bisa kembali memanaskannya bila hendak menyajikan hot pot di lain waktu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tiga Paket

Kuah mala menjadi salah satu dari dua pilihan kuah yang tersedia. Lainnya adalah collagen bone broth, yakni kuah hasil rebusan kaldu dan rempah selama 12 jam. Menurut dia, kuah tersebut kaya akan nutrisi dan mineral yang baik untuk kesehatan kulit.

Di samping itu, Dragon Hot Pot menawarkan tiga varian menu khusus, terdiri dari Family Package, Signature Kit, dan Ala Carte. Family Package adalah menu yang dapat dinikmati untuk empat orang lengkap dengan pilihan kuah, potongan daging tipis, ragam olahan bakso, dan juga mi dengan harga Rp360 ribu per pak.

Paket dikemas dalam kotak styrofoam untuk menjaga suhu dan kesegaran bahan-bahan. Semua bumbu dan bahan pelengkap dikemas lagi per satuan dengan rapi lengkap dengan petunjuknya. 

Sementara, Signature Package adalah menu yang dapat dinikmati oleh satu orang lengkap dengan pilihan kuah, ragam olahan bakso, dan juga mi dengan harga Rp58 ribu/pak. Sedangkan, menu Ala Carte adalah pilihan secara bebas untuk kuah, ragam olahan bakso, dan potongan daging dengan harga yang berbeda-beda untuk tiap menunya.

"Semua menu Dragon Hot Pot Indonesia tidak mengandung daging babi dan ketiga varian menu di atas dapat dipesan dengan pilihan kuah khas Dragon Hot Pot yaitu kuah ma la tang atau kuah collagen," kata Ian. 

Dia menyebut ke depan Dragon Hot Pot akan segera membuka empat cabang di Jakarta dengan outlet pertamanya di Lippo Mall Puri. Sementara di masa pandemi, restoran tersebut hanya melayani pembelian online mulai 27 Mei 2020 melalui sejumlah e-commerce dan call center.

"Berbeda dengan hotpot lain, Dragon Hot Pot membawa konsep personal-bowl hotpot, di mana para pelanggan memilih bahan makanan yang kemudian dihidangkan di mangkuk perorangan," kata Ian.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.