Sukses

Lebaran Staycation, Ini Rekomendasi Hotel Syariah di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Menjalani ramadan dan lebaran di tengah-tengah berlangsungnya kebijakan physical distancing memang memiliki plus dan minus. Salah satu nilai plusnya sebagian besar dari kita bisa menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah, minusnya kita tidak bisa melakukan aktivitas ramadan dan lebaran di luar atau di tempat umum dengan bebas seperti tahun-tahun sebelumnya.

Bosan dan jenuh tentu saja ada, terlebih lagi sudah dua bulan lebih melakukan social dan physical distancing. Untuk merasakan suasana baru, Lebaran Staycation menginap di hotel bisa menjadi pilihan. Untuk kemudahan dan kenyamanan aktivitas ibadah, staycation kali ini kamu bisa memilih menginap di hotel syariah.

Mengapa Hotel Syariah? Karena fasilitas dan pelayanan dari Hotel Syariah mengusung konsep prinsip-prinsip syariah yang sesuai dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI No. 108/DSN-MUI/X/2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah. Beberapa prinsip syariah yang diterapkan dan manfaatnya langsung dirasakan pengunjung hotel antara lain seperti;

  1. Anda dengan mudah mendapatkan fasilitas, peralatan, dan sarana yang memadai untuk pelaksanaan ibadah, termasuk fasilitas bersuci.
  2. Pengelola dan karyawan/karyawati hotel wajib mengenakan pakaian yang sesuai dengan syariah.
  3. Makanan dan minuman yang disediakan hotel syariah telah mendapat sertifikat halal dari MUI.
  4. Hotel syariah tidak menyediakan fasilitas hiburan yang mengarah pada kemusyrikan, maksiat, pornografi, dan/atau tindak asusila.

Pada dasarnya hotel syariah dan konvensional adalah sama-sama sebuah bisnis menyediakan hunian sebagai tempat menginap sementara. Perbedaannya adalah terletak pada cara penyajian dan berbagai layanan yang diberikan. Jika pada hotel konvensional semuanya serba bebas, baik makanan, minuman, dan hiburan. Di hotel syariah pelayanannya sesuai dengan syariah yang sesuai dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI.  

Berikut rekomendasi hotel syariah terbaik di Jakarta untuk pilihan akomodasi!

1. Sofyan Hotel Cut Meutia

Untuk Anda yang ingin menginap di hotel syariah kawasan Jakarta Pusat bisa menjatuhkan pilihan pada Sofyan Hotel Cut Meutia. Berada di kawasan Cikini, hotel syariah di Jakarta satu ini memiliki lokasi strategis, cukup dekat dengan landmark populer seperti Stasiun Gambir, Monumen Nasional serta Masjid Cut Meutia. Di aplikasi Traveloka hotel bintang 3 ini memiliki rating yang mengesankan yakni 8,5.

2. Hotel Gren Alia Cikini

Masih berada di kawasan Cikini, ada juga Hotel Gren Alia Cikini  yang mengusung konsep syariah. Nuansa syariah di hotel ini begitu terasa dengan disediakannya sajadah di masing-masing kamar sehingga memberikan kenyamanan lebih untuk kamu yang ingin mengajak keluarga sekaligus menjalankan ibadah selama menginap. Di aplikasi Traveloka hotel bintang 3 ini memiliki rating yang mengesankan yakni 8,5 dengan harga per malam mulai Rp 400 Ribuan.

 

2 dari 2 halaman

3. Sky Residence Syariah Mampang 1 Jakarta

Bagi Anda yang ingin menginap di kawasan Jakarta Selatan, hotel syariah yang bisa Anda kunjungi seperti Sky Residence Syariah Mampang 1 Jakarta. Hotel bintang ini menawarkan harga yang lebih hemat dibanding dua hotel sebelumnya. Dari segi rating, di aplikasi Traveloka, hotel syariah yang terletak di daerah Mampang ini memiliki rating yang mengesankan dengan nilai 8,6.

4. OYO 1580 D'rhea Syariah

Masih di daerah Jakarta Selatan, tepatnya di kawasan Pejaten Raya, ada hotel OYO 1580 D'rhea Syariah yang bisa Anda lirik. Di aplikasi Traveloka hotel bintang 1 ini memiliki rating yang mengesankan yakni 8,8 dengan harga yang ramah di kantong.

5. Sofyan Hotel Soepomo

Sofyan Hotel juga memiliki cabang di daerah Jakarta Selatan. Tepatnya di kawasan Tebet dengan nama Sofyan Hotel Soepomo. Soal harga, tak perlu khawatir karena hotel syariah bintang 2 ini menawarkan harga yang cukup ramah di kantong.

6. Jusenny Hotel Syariah

Untuk Anda yang ingin merasakan hotel syariah di kawasan Jakarta Barat bisa memilih Jusenny Hotel Syariah sebagai tujuan menginap. Hotel bintang dua ini berlokasi di daerah Kebayoran Baru. Dengan fasilitas lengkap dan makanan halal, tarif menginap di hotel ini mulai Rp 500 ribuan.

Itulah beberapa rekomendasi hotel syariah di Jakarta untuk Anda yang ingin lebaran staycation.

Terpenting, apapun pilihan akomodasinya baik itu Hotel Syariah atau Hotel Konvensional, temukan semuanya lewat aplikasi Traveloka. Tak hanya lengkap, dapatkan juga promo booking hotel, hingga sewa villa dan apartemen dengan mudah di aplikasi Traveloka!