Sukses

Saat Brand Kecantikan Lokal Tunjukkan Solidaritas di Tengah Pandemi Corona Covid-19

Aksi kemanusiaan terus mengalir di masa krisis pandemi corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Kepedulian pada sesama terus mengalir terlebih di tengah masa pandemi corona Covid-19. Beragam bentuk aksi solidaritas dan bantuan disalurkan, termasuk pemberian donasi hingga produksi hand sanitizer oleh Martha Tilaar Group.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Martha Tilaar Group (MTG) sepakat untuk sementara beralih fokus memproduksi hand sanitizer skala besar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Hand sanitizer tersebut dijual bebas ke pasaran dan juga melalui program reseller khusus untuk karyawan sebagai upaya dari manajemen agar karyawan mendapat tambahan income dengan margin yang bagus.

Selain itu, melalui Kementerian Kesehatan, MTG juga telah menyumbangkan 5000 hand sanitizer untuk disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. Untuk bantuan donasi, MTG mengandeng pihak lain, yaitu Indonesia Global Compact Network (IGCN), Benihbaik.com dan Muslimat NU.

Indonesia Global Compact Network (IGCN) menggalang dana untuk membantu tenaga medis di berbagai rumah sakit agar dapat menjalankan tugas dalam menangani pasien corona COVID-19. Untuk itu dibutuhkan beberapa perlengkapan kerja seperti Alat Pelindung Diri (APD), masker dan juga sanitiser yang sampai saat ini masih sangat kurang jumlahnya.

DoctorSHARE sebagai salah satu anggota UN Global Compact dan terlibat aktif dengan aktivitas IGCN memiliki jaringan koordinasi dengan para tenaga medis di sejumlah rumah sakit yang tersebar di berbagai kota di antaranya adalah RS Rujukan bagi pasien COVID 19 atau RS yang ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

IGCN berkolaborasi dengan doctorSHARE dalam pendistribusian perlengkapan kerja yang diperlukan rumah sakit-rumah sakit seperti APD, masker dan sanitiser. Per 17 April, bantuan yang diberikan tercatat telah disalurkan ke lebih dari 82 RS yang tersebar di 25 provinsi, 31 kota, dan 26 kecamatan.

Bersama Benihbaik.com dan Muslimat NU, MTG memberikan bantuan berupa 10.000 hand sanitizer dan 1000 paket sehat (minuman herbal untuk kesehatan, masker, dan hand sanitizer), serta paket sembako yang akan disalurkan kepada pekerja informal (pekerja ojek online, PKL, buruh harian, dan lainnya) dan keluarga pra-sejahtera di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Semua bantuan tersebut merupakan salah satu komitmen kami untuk ikut mendukung dan membantu tim medis yang bekerja luar biasa dalam menangani pandemi COVID-19," jelas Samuel Pranata, Direktur Martha Tilaar Group.

"Sementara melalui bantuan paket sehat, hand sanitizer, dan sembako kami berharap bisa sedikit meringankan beban masyarakat, baik yang kehilangan mata pencaharian, mereka yang harus tetap bekerja untuk menghidupi keluarga, dan keluarga prasejahtera," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kampanye dan Donasi Wardah

Wardah menggelar kampanye Ramadan Cantik Dari Hati bertajuk #SelaluAdaBahagia. Kampanye dan gerakan sosial ini bertujuan mengajak masyarakat terutama kaum Muslim untuk tetap menghidupkan suasana bulan suci Ramadan dengan berbagi kebahagiaan dalam segala kondisi.

Berkontribusi dalam upaya melawan Covid-19, selama bulan Ramadan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Wardah akan menyalurkan bantuan kepada masyarakat terutama bagi mereka yang terkena dampak ekonomi dan kesehatan.

Berbagai kegiatan dan konten edukatif akan dilakukan, penggalangan donasi, kolaborasi dengan musisi tanah air, Wardah Pop Up Kitchen, kajian islami online bersama komunitas, hingga edukasi melalui media sosial.

"Di samping menjadi inspirasi kecantikan dan memberikan pengalaman halal lifestyle, Wardah berkomitmen untuk terus peduli, mengerti, dan memberi manfaat bagi sesama. Seperti yang kita rasakan saat ini, pandemi Covid-19 memberikan dampak terhadap berbagai aspek kehidupan seperti sosial, kesehatan dan ekonomi," kata Shabrina Salsabila, Brand Activation Manager Wardah dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Ia melanjutkan Wardah berkomitmen untuk selalu hadir bagi konsumen dalam masa sulit ini, termasuk untuk tetap menebar kebahagian dengan cara masing-masing.

"Meski Ramadan tahun ini diimbau agar tetap menjaga jarak fisik, dengan diselenggarakannya kampanye Ramadan #SelaluAdaBahagia Wardah berharap dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih peduli, saling menghargai, dan menjaga satu sama lain," tambahnya.

Rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kondisi darurat Covid-19 dan dengan menggalang dana dapat memenuhi kebutuhan APD, hand sanitizer untuk ruang publik dan masjid, serta bantuan sosial seperti sembako dan uang tunai.

"Sebagai produsen kosmetik, Wardah ingin membantu masyarakat dan juga pemerintah. Kami terus mengusahakan agar segala kebutuhan dalam masa darurat melawan Covid-19 dapat diperoleh dan segera didistribusikan secara merata, tepat guna dan tepat sasaran," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.