Sukses

Selain Nasi Anjing, Nama Makanan Ini Berasal dari Nama Hewan

Masyarakat heboh dengan beredarnya nasi anjing. Sebelumnya ada sejumlah makanan yang menggunakan nama hewan. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan nama nasi anjing menjadi perbincangan publik, setelah warga kawasan Jakarta Utara menerima bantuan nasi bungkus yang dibubuhi stempel biru bertuliskan nasi sanjing. Peristiwa tersebut sedang ditangani pihak kepolisian Polrestro Jakarta Utara.

Laporan tersebut dilayangkan karena dinilai provokatif. Warga juga merasa dilecehkan dengan bantuan dengan nama nasi anjing itu.

"Warga yang menerima makanan tersebut merasa dilecehkan dengan pemberian bungkusan nasi dengan tulisan 'nasi anjing' dengan asumsi bahwa isi dari bungkusan makanan adalah daging anjing serta kenapa warga umat muslim diberikan makanan anjing," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, seperti dikutip dari kanal Hot Liputan6.com.

Bantuan nasi bungkus tersebut berasal dari komunitas bernama ARK Qahal. Namun, setelah diteliti nasi bungkus itu tidak mengandung unsur anjing. Bahan makanan yang digunakan adalah cumi, sosis sapi, teri, dan lain-lain.

Pemberi bantuan nasi bungkus bercap kepala anjing pun diminta untuk membuat video klarifikasi. Komunitas keagamaan bernama ARK Qahal akhirnya membuat video klarifikasi. Komunitas tersebut mengungkapkan bahwa pemberian nama "Nasi Anjing" karena ukurannya lebih besar dari nasi kucing.

Dilansir dari berbagai, berikut nama sejumlah makanan yang menggunakan nama hewan. Apa saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nasi Kucing

Jauh sebelum beredar 'nasi anjing', sudah lama ada makanan yang juga diberi nama hewan peliharaan, yaitu 'nasi kucing'. Nasi kucing terbuat dari nasi yang dicampur dengan sambal, teri, tempe, yang bungkusnya dilapisi dengan daun pisang. Ada kalanya nasi tersebut juga diberi telur, ayam, dan mentimun.

Roti Buaya

Makanan lain yang juga diberi nama dengan nama hewan adalah roti buaya. Roti buaya jadi salah satu makanan yang diberikan kepada calon mempelai perempuan saat prosesi pernikahan adat Betawi. Roti tersebut bukan dibuat dari daging buaya, tapi dari bahan roti. Hanya bentuknya saja yang menyerupai buaya dan merupakan simbol kesetiaan dalam kehidupan berumah tangga.

Kuku Macan

Makanan lain yang juga memakai nama hewan adalah kuku macan. Makan tersebut bukan berasal dari kuku macan, tapi bentuknya yang dinilai mirip kuku macan. Bahan untuk membuatnya berasal dari daging ikan tengiri, kemudian digoreng hingga matang dan renyah. 

3 dari 4 halaman

Kuping Gajah

Selain nama-nama di atas, ada juga makanan bernama kuping gajah. Makanan dengan warna cokelat dan putih dan ada warna lain, bukan terbuat dari kuping gajah, tapi hanya namanya saja. Makanan ini terbuat dari tepung yang dibentuk tipis-tipis bulat. Makanan ini banyak disukai orang, termasuk anak-anak.

Telur Cicak

Makanan lain adalah telur cicak, bentuknya bulat-bulat kecil hingga menyerupai telur cicak, bukan dibuat dari telur cicak. Permen ini memiliki warna yang beragam dan rasanya manis.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini