Sukses

Konsumsi 6 Makanan Ini Saat Sarapan untuk Perkuat Imun Tubuh

Di saat pandemi corona seperti sekarang ini, salah satu cara memperkuat imun tubuh adalah dengan menyantap makanan yang bergizi termasuk saat sarapan.

Liputan6.com, Jakarta - Selepas tidur di malam hari dan bangun di pagi hari, tentu perut akan merasa lapar. Karena itu, sarapan adalah salah satu aktivitas penting di pagi hari yang tidak boleh dilewatkan.

Dengan menu yang tepat dan sehat, kebiasaan sarapan bisa membantu Anda menjalani aktivitas sehari-hari. Kalau tidak sarapan, Anda bisa lebih cepat lemas dan bahkan tidak bisa berkonsentrasi dengan baik.

Apalagi di saat pandemi corona Covid-19 seperti sekarang ini, salah satu cara memperkuat imun tubuh adalah dengan menyantap makanan yang bergizi dan menyehatkan. Ada beberapa makanan yang sangat mengundang selera untuk dikonsumsi saat pagi, seperti roti.

Namun roti mengandung ragi yang dapat mempengaruhi lapisan perut dan menyebabkan masalah lambung. Lalu, makanan apa saja yang baik dikonsumsi pada pagi hari?

Dilansir dari laman The Times of India, setidaknya ada enam makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat sarapan untuk memperkuat imun tubuh.

Air hangat dan madu

Tak harus langsung makan, usai bangun tidur Anda bisa mengambil secangkir air hangat dan madu untuk dikonsumsi pada pagi hari. Alasannya, madu mengandung mineral, vitamin, flavonoid, dan enzim yang bertanggung jawab untuk menjaga usus agar tetap bersih.

Pepaya

Pepaya tentu sangat dianjurkan karena dapat mengatur pergerakan usus. Buah pepaya merupakan makanan super yang baik untuk dikonsumsi saat perut kosong, terutama di pagi hari. Pepaya juga akan mengeluarkan racun dan menurunkan kolesterol jahat serta mencegah penyakit jantung.

Kacang-kacangan

Makan segenggam kacang merupakan suatu keharusan saat sarapan untuk menjaga usus tetap sehat. Kacang-kacangan, terutama yang direbus, dapat meningkatkan pencernaan dan mampu menormalkan tingkat pH lambung kamu. Pasatikan makan dalam jumlah yang sedang karena, jika terlalu banyak akan membuat penambahan berat badan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Salad Buah

Makanan sehat yang bisa jadi bekal sarapan di pagi hari adalah salad buah. Perpaduan berbagai buah segar yang dipadukan dengan yogurt rendah lemak merupakan perpaduan yang sangat cocok bagi kebutuhan nutrisi Anda di pagi hari.

Kandungan serat dan nutrisi yang terdapat pada buah-buahan segar akan siap menemani aktivitas Anda yang bisa menjadi sumber energi Anda.

Telur orak-arik dengan sayuran

Telur merupakan sumber protein yang sangat baik untuk tubuh dan energi selama sehari penuh. Telur pun sudah memiliki citarasa gurih alami yang cocok dijadikan menu sarapan setiap orang.

Salah satu menu sarapan dari telur yang populer adalah telur orak-arik. Untuk menambah asupan gizi, Anda bisa menambahkan sayuran ke dalam adonan telur seperti tomat dan bayam.

 

Oatmeal

Semangkuk bubur oatmeal mengandung serat tinggi, yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Oats adalah gandum utuh yang melalui proses penggilingan, dan mengonsumsi gandum utuh dapat menurunkan risiko Anda terhadap beberapa penyakit, termasuk hipertensi, kolesterol tinggi, dan diabetes tipe 2.

Selain itu, oats juga kaya akan zat besi, magnesium, dan vitamin B kompleks. Namun, perhatikan komposisi pada bungkus oatmeal siap saji Anda. Oatmeal siap saji yang baik harus mengandung satu bahan saja: biji gandum utuh. Hindari oatmeal siap saji yang mengandung gula dan sodium tinggi, dan rendah serat.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.