Sukses

Bagaimana Cara Memakai Hand Sanitizer yang Benar?

Penggunaan hand sanitizer tidak bisa sembarangan karena ada kandungan yang mudah terbakar.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak cara untuk menjaga kebersihan diri dalam menghadang pandemi corona COVID-19. Penggunaan hand sanitizer mendadak menjadi semakin populer untuk menjaga kebersihan tangan. Benda itu bahkan menjadi langka akibat banyak yang memburu bahkan menimbunnya.

Penggunaan hand sanitizer tidak bisa sembarangan. Ketua Ketua Tim Pakar Gugur Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengingatkan bahwa penggunaan antiseptik sebagai hand sanitizer dapat digunakan bila tidak ada sabun. Penggunaan hand sanitizer juga tidak boleh berlebihan.

"Agar tidak menyebabkan iritasi kulit," kata Wiku di Media Center Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta, Senin (30/3/2020).

Ia juga mengingatkan agar berhati-hati menggunakan cairan hand sanitizer karena mengandung bahan yang mudah terbakar. Utamanya bagi yang merokok atau sedang bekerja di dapur.

"Tetapi (penggunaaannya) tidak berlebihan agar tidak menimbulkan iritasi kulit dan harus berhati-hati karena mengandung bahan yang mudah terbakar," imbuh Wiku.

Upaya lain yang dapat mencegah terjadinya infeksi virus juga dapat dilakukan dengan menjaga diri untuk tidak menyentuh area wajah, terutama mata, hidung dan mulut. "Metode pencegahan melalui rajin mencuci tangan akan lebih maksimal bila diikuti dengan menghindari menyentuh area wajah, yaitu mata, hidung, dan mulut," tutup Wiku.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagaimana Caranya?

Penggunaan hand sanitizer akan efektif bila tangan kotor tetapi tidak berminyak. Tetapi bila Anda tidak bisa mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir, hand sanitizer bisa menjadi pertolongan darurat.

Lalu, bagaimana cara yang benar menggunakannya? Berikut adalah detailnya yang dirangkum tim Ngovee dari Jovee:

1. Tuangkan atau semprotkan hand sanitizer ke telapak tangan.

2. Gosok tangan dengan seksama, pastikan bagian punggung tangan dan sela-sela jari juga terusap.

3. Usap tangan paling tidak 20 detik sampai tangan kering.

4. Jangan mengelap tangan atau membilas tangan dengan air agar hand sanitizer dapat bekerja secara optimal.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini