Sukses

5 Cara Sederhana Lawan Corona COVID-19 Saat di Rumah Aja

Saat di rumah aja, Anda dan keluarga dapat menerapkan lima cara ini untuk mencegah infeksi corona COVID-19. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Penyebaran corona COVID-19 kian meluas. Sebagai upaya memeranginya, sejak awal pekan lalu, Presiden Joko Widodo meminta publik untuk belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah.

Di tengah situasi seperti saat ini, seruan "Di Rumah Aja" kian disebarluaskan banyak pihak melalui media sosial. Salah satunya dilaksanakan oleh Puskesmas Kecamatan Cipayung.

Lewat akun Instagram resmi @pkc.cipayung, Puskesmas Kecamatan Cipayung membagikan beragam informasi terkait pencegahan corona COVID-19 yang dapat dilakukan saat di rumah aja. Simak rangkuman lengkapnya berikut ini.

1. Telepon yang Jauh di Mata, Dekat di Hati

Puskesmas Kecamatan Cipayung menjabarkan cara pertama untuk menjaga imun dengan telepon yang jauh di mata, tapi dekat di hati. Topik obrolan pun tak melulu soal corona. Pilih topik yang sangat relate dengan kalian dan sejenak melepaskan pikiran dari tekanan di tengah pandemi. 

2. Beres-Beres Rumah

Membereskan hunian jadi salah satu cara simpel melawan corona COVID-19. Bebersih dan rapi-rapi dikatakan memiliki efek yang menenangkan setelah semuanya beres.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Rajin Mandi

Menjaga imun selanjutnya dilakukan dengan rajin mandi. Tak hanya membuat badan bersih, tapi juga hati jernih. Anda dapat merasakan wanginya sabun dan sampo hingga pasta gigi yang menyejukkan, serta menghadirkan kesegaran luar biasa.

4. Tambah Jam Tidur

Menambah jam tidur dilakukan sebagai cara mempersiapkan diri untuk rehat. Otak dan imun dalam tubuh terkadang hanya memerlukan tidur yang cukup.

Puskesmas Kecamatan Cipayung menyarankan dapat mengganti konsumsi kopi dengan susu hangat hingga redupkan layar ponsel atau lebih baik dimatikan.

5. Ngobrol dengan Sang Pencipta

Cara menjaga imun selajutnya dengan ngobrol dengan sang Maha Pendengar. Tak dapat dipungkiri, ketakutan dan rasa cemas terkadang menghampiri di tengah situasi seperti ini, bukan tak bersyukur.

"Katakan semua, apa adanya percayakan segala rasamu, pikirmu, kepadaSang Maha Pendengar. Hayati tiap hembus doa yang terucap. Rasakan kehadiranNya dan hadirmu di sini, saat ini," bunyi keterangan pada gambar.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.