Sukses

Cegah COVID-19, Intip Hal-Hal yang Perlu Dilakukan di Rumah Jika Merasa Kurang Sehat

Kementerian Kesehatan RI membagikan beberapa hal terkait kriteria kurang sehat hingga yang perlu dilakukan di rumah saat tak enak badan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) telah membagikan unggahan terkait upaya pencegahan merebaknya COVID-19. Informasi tersebut diunggah melalui akun Instagram resmi @kemenkes_ri pada Senin, 16 Maret 2020.

Sebagai bentuk antisipasi virus corona baru, Kemenkes mengajak masyarakat Indonesia untuk membatasi aktivitas di luar rumah, terutama bagi mereka yang merasa kurang sehat.

"Ketika seseorang merasa kurang sehat (seperti demam atau gejala penyakit pernapasan yang lain), secara sukarela agar tinggal di rumah atau tidak bekerja, tidak sekolah, atau ke tempat umum lainnya." bunyi keterangan itu,

Adapun kriteria kurang sehat yang dimaksud mulai dari demam, batuk atau pilek atau nyeri tenggorokan, hingga sesak napas. Lantas, jika merasa kurang sehat apa yang harus dilakukan di rumah?

"Selalu gunakan masker. Ganti setiap hari dan langsung buang ke tempat sampah tertutup, kemudian cuci tangan dengan benar. Konsumsi makanan bergizi, istirahat cukup," lanjut keterangan terkait cegah COVID-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Jarak

Berlanjut mengupayakan ruang terpisah dengan anggota keluarga yang lain. Begitu pula menjaga jarak dengan orang sehat minimal satu meter.

"Hindari pemakaian bersama alat makan (piring, sendok, garpu, dan gelas). Cuci alat makan dengan air dan sabun," jelas Kemenkes.

Langkah selanjutnya adalah tetap di rumah dan mudah dihubungi. Jika terpaksa harus keluar rumah, gunakan masker, serta hindari kerumunan atau keramaian.

"Jaga kebersihan rumah dan gunakan cairan disinfektan. Hubungi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat." tutup keterangan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.