Sukses

6 Kiat Melindungi Diri dari Virus Corona

Pencegahan virus corona dapat dilakukan lewat sederet cara, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengumumkan dua WNI positif Covid-19 pada Senin, 2 Maret 2020. Hal ini sekaligus jadi kasus pertama corona di Indonesia.

Dilansir The Guardian, Selasa (3/3/2020), Covid-19 adalah penyakit baru dan para ilmuwan masih menilai bagaimana penularannya dari orang ke orang, tetapi virus serupa cenderung menyebar melalui batuk dan bersin.

Ada beberapa upaya untuk melindungi diri dari wabah virus corona. Simak rangkuman selengkapnya di bawah ini.

1. Cuci tangan

Cuci tangan Anda dengan air bersih yang mengalir dan menggunakan sabun. Sapukan tangan Anda, termasuk punggung tangan, di antara jari-jemari, dan di bawah kuku. Lalu gosok setidaknya selama 20 detik dan bilas.

2. Tutup mulut dan hidung dengan tisu ketika batuk atau bersin

Setelah itu, buang tisu ke tempat sampah dan cuci tangan Anda. Jika Anda tidak memiliki tisu, batuk atau bersin ke siku, daripada ke tangan.

3. Pakai masker wajah

Di tengah penyebaran virus corona, masker wajah sebenarnya direkomendasikan dipakai untuk mereka yang sakit, termasuk batuk dan flu, agar tak menularkan orang lain.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Cari pertolongan

Jika Anda demam, batuk, dan sulit bernapas, cari pertolongan medis sedari awal. Jangan lupa membagikan riwayat perjalanan Anda dengan penyedia layanan kesehatan.

5. Hindari kontak dengan hewan saat ke pasar

Jika mengunjungi pasar di daerah yang terkena infeksi, hindari kontak langsung tanpa perlindung dan bersentuhan dengan hewan hidup.

6. Yang dilakukan usai kembali dari daerah terdampak

Jika Anda kembali dari daerah yang terdampak virus corona dalam dua minggu terakhir, tinggal di dalam rumah dan hindari kontak dengan orang lain selama 14 hari. Hal ini berarti tidak bekerja, sekolah, atau ke area publik.

Selain itu, bila Anda pulang dari daerah yang terinfeksi dan mengalami suhu tinggi, batuk, pilek, sakit tenggorokan atau kesulitan bernafas, jangan tinggalkan rumah Anda sampai diberi saran demikian oleh dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.