Sukses

6 Langkah Sederhana Tingkatkan Imunitas Tubuh, Cara Lawan Corona

Menonton film dan lebih banyak beraktivitas bisa membantu Anda meningkatkan imunitas tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki musim penghujan, kemungkinan terserang flu akan semakin meningkat, apalagi jika Anda memiliki sistem imun yang rendah. Sistem imun atau kekebalan tubuh adalah sel-sel yang bertanggung jawab melindungi tubuh dari berbagai bakteri dan virus dari luar.

Setiap orang memiliki sistem imun yang berbeda, ada yang kuat dan ada pula yang rendah. Bagi Anda yang memiliki imunitas rendah, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkannya.

Dilansir dari Asia One, Jumat, 21 Februari 2020, berikut enam cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

1. Kurangi Stres

Menjaga diri agar tidak stres berlebihan tidak hanya bagus untuk suasana hati, tetapi juga bisa berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh. Stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, di mana kadar kortisol dan adrenalin yang lebih tinggi dapat membuat Anda lebih mudah jatuh sakit.

Meluangkan waktu untuk bersantai dan melepas lelah, baik berendam air panas, meditasi, hingga menonton film, bisa menjadi alternatif untuk menjaga sistem [imun](2474543 "" )tubuh Anda sehingga bisa tetap fit dalam segala kondisi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Makan Teratur dan Tepat Waktu

Menjaga kesehatan ialah hal yang penting. Saat Anda jatuh sakit, asupan vitamin dan mineral mampu membantu Anda untuk cepat pulih. Tetapi, akan lebih baik jika Anda mencegah daripada menyembuhkan.

Carilah makanan yang mengandung antioksidan, vitamin A, C,E dan nutrisi lainnya yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, perhatikan pula pola makan Anda, usahakan untuk makan secara teratur sesibuk apa pun kegiatan Anda. 

3. Perbanyak Olahraga

Olahraga tidak hanya membuat Anda lebih bugar dan segar. Dengan berolahraga secara teratur, Anda bisa membantu untuk mejaga tekanan darah, berat badan, kesehatan jantung, dan dapat terlindungi dari penyakit tertentu. 

Olahraga merupakan hal yang baik untuk melancarkan peredaran darah, yang merupakan cara sel-sel sistem kekebalan tubuh berjalan dengan baik. Anda tidak perlu berkegiatan yang berat, cukup dengan berjalan kaki selama 30 menit, lompat tali, atau mengerjakan pekerjaan rumah. 

3 dari 3 halaman

4. Konsumsi Air Putih

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, Anda sebaiknya minum air sedikitnya delapan gelas per harinya. Selain itu, bisa pula minum air putih hangat yang bisa memperkuat imun tubuh agar organ seperti ginjal dan hati tetap bekerja dengan baik.

5. Tidur Cukup

Penelitian mengungkapkan kurang tidur dapat membuat Anda rentan terserang penyakit. Hal ini disebabkan karena tubuh menghasilkan lebih sedikit antibodi ketika kurang beristirahat.

Saat kekurangan waktu tidur, Anda menjadi mudah stres dan insomnia. Waktu istirahat yang baik ialah delapan jam per harinya. 

6. Jaga Kesehatan Pencernaan

Kesehatan gastro atau pencernaan lebih penting bagi kesehatan kita secara keseluruhan. Diketahui, mengonsumsi makanan yang mengandung bakteri baik telah terbukti dapat membantu infeksi saluran pencernaan dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. (Tri Ayu Lutfiani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.