Sukses

Mengapa Sikat Gigi Minimal Harus 2 Menit?

Pernahkah Anda menghitung berapa lama waktu yang dihabiskan untuk menyikat gigi?

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang sudah sikat gigi hari ini? Berapa lama yang Anda habiskan untuk menyikat gigi?

Ternyata, durasi menyikat gigi yang disarankan minimal dua menit. Pakar kesehatan gigi dan mulut, Ratu Mirah Afifat, GCClintDent, MDSc., beralasan waktu tersebut relatif cukup untuk seseorang membersihkan giginya secara menyeluruh.

"Ada delapan bagian luar dan dalam gigi dan mulut...Dengan dua menit, semua permukaan gigi atas, bawah, depan, belakang dapat tersikat dengan baik," kata Mirah ketika ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Meski dua menit terbilang singkat, tak banyak orang Indonesia yang melakukannya dengan benar. Berdasarkan studi, kata Mirah, rata-rata orang Indonesia hanya menghabiskan 30 detik saja untuk menyikat gigi.

Kebiasaan itu lalu ditiru oleh anak-anak mereka. Hal tersebut bila dibiarkan bakal memperpanjang siklus menyikat gigi yang buruk.

Untuk itu, orangtua bisa memanfaatkan video tutorial yang bisa diakses gratis agar kegiatan menyikat gigi lebih menyenangkan bagi anak-anak. "Ketika ajarkan menyikat gigi, sambil hitung delapan sampai sepuluh hitungan, ya," kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebesar Biji Jagung

Anak-anak, sambung Mirah, sebaiknya selalu didampingi ketika menyikat gigi sampai usia delapan tahun. Hal itu untuk memastikan agar aktivitas tersebut dilakukan dengan baik dan benar, khususnya tidak menelan pasta gigi.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ukuran pasta gigi yang digunakan. Anak-anak cukup menggunakan pasta gigi sebesar biji jagung, sedangkan orang dewasa sepanjang bulu sikat dan hanya disisakan sedikit di kedua ujung.

"Itu lebih ke kadar fluoride-nya. Anak-anak hanya butuh 500 ppm, sudah bisa jaga kesehatan gigi dan mulutnya. Sedangkan orang dewasa butuh fluoride hingga 1.450 ppm," kata Mirah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.