Sukses

Cerita Akhir Pekan: 6 Rekomendasi Toko Buku Independen, Sudah Pernah Mampir?

Toko buku berikut menjual buku-buku yang diproduksi independen yang wajib untuk Anda kunjungi.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi mereka yang gemar membaca, memiliki referensi buku untuk 'penjelajahan' dalam rangkaian kata selanjutnya jadi pencarian utama. Tak melulu dari penerbit-penerbit besar, buku di toko buku independen sangat menarik untuk diulik.

Di berbagai kota di Indonesia, saat ini tersebar toko buku independen yang menawarkan deretan tajuk dari para penulis ulung. Dari segi konten pun tak kalah beragam, disesuaikan dengan kebutuhan pecinta buku.

Stok buku bacaan sudah mulai menipis? Anda dapat melihat buku-buku di toko buku independen yang dapat jadi rekomendasi apik. Simak rangkuman selengkapnya seperti dikutip dari berbagai sumber berikut ini.

1. Post Bookshop

Berlokasi di upper floor Pasar Santa, Jakarta Selatan, Post Bookshop jadi salah satu toko buku independen yang begitu digemari para pecinta buku. Tak hanya toko buku, Post juga berperan ganda sebagai penerbit.

"Harapan kecil kami adalah menyediakan ruang untuk buku-buku, lokal atau impor, baru atau pre-loved, yang agak sulit ditemukan di toko buku besar," demikian bunyi pernyataan yang dikutip dari laman resmi Post, Jumat, 31 Januari 2020.

Post buka secara rutin pada Jumat, Sabtu, dan Minggu mulai pukul 15.00--20.00 WIB. Toko buku ini juga tak jarang menggelar beragam acara, mulai dari peluncuran buku hingga diskusi.

2. Kineruku

Saat bertandang ke Bandung, Jawa Barat, para pecinta buku wajib singgah di Kineruku. Toko buku independen ini tepatnya berada di Jalan Hergamanah 52, Bandung.

Tak hanya menghadirkan buku, Kineruku juga terdapat kafe yang buka setiap Senin, Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu mulai pukul 10.00--20.00 WIB, Minggu pada pukul 11.00--18.00 WIB. Kineruku tutup setiap Selasa.

Toko buku ini menyediakan beragam referensi seputar buku, musik, hingga film. Sembari membaca, Anda dapat menikmati sajian-sajian yang ditawarkan.

3. Aksara Bookstore

Kembali ke Jakarta, Aksara kerap jadi tujuan para pecinta buku untuk menjelajah buku baru. Toko buku ini berlokasi di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan.

Saat ini Aksara hadir dengan konsep baru. Selain menghadirkan deretan tajuk buku, ada pula sudut-sudut yang menyajikan hidangan seperti gelato, donat, hingga kopi.

Aksara Kemang juga menjalin friendship dengan Post Bookshop, di mana di salah satu sudut terdapat buku-buku yang juga terbitan dari Post.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Transit Bookstore

Pesona Pasar Santa tak terelakkan bagi mereka yang cinta membaca. Masih di upper floor Pasar Santa, Jakarta Selatan, Anda juga dapat menemukan toko buku independen bernama Transit Bookstore.

Toko buku ini buka setiap Sabtu dan Minggu, mulai pukul 14.00--21.00 WIB. Meski ruangnya tak begitu besar, namun ada beraneka buku yang dapat Anda temukan di sini dan menambah koleksi buku Anda.

5. Wanita'Baca

Toko buku sekaligus reading room Wanita'Baca dapat jadi destinasi Anda ketika bertandang ke Yogyakarta. Toko buku ini berlokasi di Jalan Balong Denggola, Ngepas Lor, Desa Donoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Wanita'Baca menjual ragam buku baik dari berbahasa Indonesia dan Inggris, terutama untuk buku feminis, namun ada pula buku soal sains sosial dan literatur.

6. Kios Ojo Keos

Tak ketinggalan, Kios Ojo Keos yang dikelola oleh keluarga dari band independen, Efek Rumah Kaca. Kios Ojo Keos menjadi ruang bersama independen untuk musik, buku, kopi, hingga merchandise.

Kios Ojo Keos berlokasi di Bona Indah Plaza Blok A2 No. B11, Jalan Karang Tengah Raya, Cilandak, Jakarta Selatan. Buka setiap hari, khusus untuk Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Minggu buka mulai pukul 10.00--23.00 WIB. Sedangkan pada Jumat dan Sabtu buka mulai pukul 10.00--24.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.