Sukses

6 Judul Buku Anak Legendaris Enid Blyton yang Bikin Kangen Masa Kecil

Liputan6.com, Jakarta - Enid Mary Blyton, wanita kebangsaan Inggris kelahiran 11 Agustus 1897, dari pasangan Thomas Carey Blyton dan Mary Theresa Harrison. Blyton sukses membuat cerita anak yang populer di dunia. Dari era kepenulisan Blyton 1922 sampai wafatnya pada 1968, Blyton telah menulis lebih dari 750 judul buku yang masih terjual hingga sekarang.

Blyton telah menulis 10.000 cerita pendek, karya-karyanya disukai kalangan mulai dari anak-anak hingga remaja. buku Blyton juga diterjemahkan ke 90 bahasa dan terjual sekitar 600.000 kopi di seluruh dunia. Dari sekian banyak buku karangan Blyton, enam buku berikut ini menjadi yang paling legendaris dan banyak dibaca, dilansir dari berbagai sumber.

1. The Famous Five/Lima Sekawan (1942-1963)

The Famous Five adalah salah satu cerita karya Blyton yang paling banyak disukai anak-anak setelah penerbitan cerita Five on a Treasure Island pada 1942. Dalam buku ini, petualangan dipersenjatai dengan peta, obor, roti sandwich dan stok minuman jahe yang menghangatkan.

Julian, Dick, Anne, sepupu tomboi mereka George, dan seekor anjing bernama Timmy bersama-sama menghabiskan liburan mereka dengan petualangan, hiking, bersepeda sampai berkemah. Cerita akan semakin seru dengan teman-teman lainnya, seperti Jo si gadis gipsi, Tinker Hayling muda, Sooty Lenoir, dan Paman Quentin, ayah George yang berprofesi sebagi ilmuwan.

Mereka terjebak dalam kejadian aneh dan tempat-tempat yang mengasyikkan yang mereka temukan, seperti Pulau Kirrin, Top Smuggler, Owl's Dene atau mercusuar di Demon's Rocks. Imajinasi tak terbatas saat mereka juga berpergian ke pertanian, istana, gua hingga lorong-lorong rahasia yang menyimpan banyak rahasia.

Buku-buku asli Enid Blyton diilustrasikan oleh Eileen Soper sehingga lebih cantik dan menarik. Selain itu, cerita Lima Sekawan juga diadaptasi dalam bentuk novel lanjutan yang ditulis oleh penulis Perancis Claude Voilier, film bioskop, sandiwara panggung, serial televisi dan belum lama, Serial kartun Disney juga mengangkat kisah anak-anak dari Famous Five.

2 dari 7 halaman

2. The Secret Series/Empat Serangkai (1949-1959)

The Secret Island diterbitkan pada 1938. Bukan hanya buku pertama dalam seri Rahasia, buku ini juga punya perbedaan menjadi novel petualangan pertama Enid Blyton.

Dalam cerita ini, Enid mengenalkan kita pada tokoh-tokoh menarik, yaitu Jack si bocah pemberani yang cerad dalam memimpin, Peggy sosok yang keibuan, adiknya Mike yang ceria, dan terakhir Nora yang agak malas dan manja dari yang lain.

Pulau Rahasia menjadi petualangan seru yang tak biasa karena anak-anak tidak datang melawan sekelompok penjahat. Edisi pertama buku-buku Enid  diilustrasikan oleh E. H. Davie, Harry Rountree, Eileen Soper, dan Dorothy Hall.

Pada 2009, sekuel Trevor Bolton diangkat menjadi cerita serial The Secret Valley dan dipublikasikan kembali dengan ilustrasi oleh Val Biro. Sebelumnya pada 1990, kisah Jack dan kawan-kawan diangkat dalam serial TV di Selandia Baru.

3 dari 7 halaman

3. The Five Find-Outers/Pasukan Mau Tahu (1943-1961)

Dalam kisah Enid yang satu ini, Anda akan dikenalkan oleh Fatty, Larry, Daisy, Pip, Bets dan anjing Scottie milik Fatty, Buster.  Mereka akan mengajak Anda terjun dalam sebuah misteri misteri yang bagus dan menarik.

Karakter Fatty yang membuat cerita petualangannya begitu istimewa. Dia mungkin sombong, tapi di sisi lain Fatty digambarkan adalah karakter yang juga murah hati, cerdas, seorang ahli penyamaran dan deduksi.

Penuh dengan humor dan intrik, buku-buku Find-Outers melukiskan gambaran kehidupan yang menakjubkan di desa Inggris pada abad 20. Judul pertama dalam seri ini adalah The Mystery of the Burnt Cottage, diterbitkan pada 1943. Edisi paling awal dari buku-buku tersebut diilustrasikan oleh Joseph Abbey, Treyer Evans, dan Lilian Buchanan.

4 dari 7 halaman

4. Serial St. Clare's (1941-1943)

St. Clare's adalah sekolah asrama perempuan sama seperti seri Malory Tower. Sekolah ini digambarkan sebagai tempat untuk bersenang-senang dan penuh kegembiraan. Dalam cerita ini, Enid menciptakan banyak tokoh, namun semuanya mudah diingat.

Beberapa tokoh yang dibuat Enid di antaranya Pat dan Isabel O'Sullivan, Alison berkepala bulu, Claudine yang digambarkan sebagai gadis Prancis nakal, gadis sirkus Carlotta, Don-Care Bobby, Sour-Milk Prudence, Yang Terhormat Angela Favorleigh dan Mam'zelle Abominable.

Trik dan lelucon, pesta tengah malam, pertandingan olahraga, penyelamatan yang mendebarkan, kesenangan dan persahabatan adalah bagian dari kehidupan di sekolah. Juga termasuk di dalamnya ujian dan masalah-masalah di sekolah.

Buku St. Clare yang pertama diterbitkan pada 1941 dan menjadi salah satu buku yang tetap populer hingga saat ini.  Edisi awal buku-buku tersebut memiliki ilustrasi yang dibuat oleh W. Lindsay Cable.

5 dari 7 halaman

5. Malory Towers (1946-1951)

Buku Enid yang satu ini terbit pada 1946. Diceritakan Malory Towers adalah sekolah asrama anak perempuan yang terletak di lingkungan yang indah di tepi laut di Cornwall, sebuah bangunan mirip kastil di tebing.

Dalam cerita ini dikisahkan Heroine Darrell Rivers yang baru tiba di Malory Towers pada usia 12 tahun. Ia sangat bersemangat dan antusias.  Namun, hal-hal tidak berjalan semulus yang dia bayangkan.

Ia putus asa karena pernah memiliki teman-teman yang 'istimewa'. Teman sekolah Darrell bermacam-macam sifatnya, seperti Alicia berlidah tajam atau Betty yang mengubah suasana kelas yang membosankan dengan trik atau lelucon, Sally yang dapat diandalkan, Mary-Lou yang pemalu dan manja dan Gwendoline Mary Lacey yang manja dan pendendam.

Ada enam buku dalam seri aslinya. Edisi awal diilustrasikan dengan indah oleh Stanley Lloyd. Enam novel kelanjutan direncanakan untuk 2009, ditulis oleh Pamela Cox, yang sudah dikenal karena novel "fill-in" St. Clare yang luar biasa.

6 dari 7 halaman

6. The Secret Seven.Sapta Siaga (1949-1963)

Sambil mengunyah roti batu dan meminum limun buatan sendiri, anggota Secret Seven Society yang terdiri dari Janet, Jack, Colin, George, Pam dan Barbara juga memikirkan petunjuk untuk memecahkan sebuah misteri.

Perkumpulan yang mereka buat memang bertujuan untuk mencari sebuah misteri dan mengungkap kebenarannya. Keseruan pekerjaan yang banyak bersembunyi dan berjaga-jaga, mencari petunjuk, membayangi karakter yang mencurigakan dan menanyai orang ini akan menyeret Anda larut pada alur cerita Janet dan kawan-kawan.

Perampokan, binatang curian dan anak-anak yang hilang akan menjadi kasus-kasus menarik yang mereka pecahkan. Hal-hal menarik untuk pembaca terutama anak-anak seri Blyton yang satu ini juga diakui telah menginspirasi banyak anak-anak selama bertahun-tahun.

Seri pertama Secret Seven diterbitkan pada 1949. Ilustrator asli dari seri utama lima belas buku adalah George Brook, Bruno Kay dan Burgess Sharrocks. Evelyne Lallemand menulis sejumlah novel lanjutan pada 1970-an sampai 1980an. (Adhita Diansyavira)

7 dari 7 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading