Sukses

Cerita Akhir Pekan: Serba-serbi Feng Shui dan Peruntungan di Tahun Tikus Logam

Liputan6.com, Jakarta - Pergantian tahun tidak lepas dari adanya perubahan yang merujuk pada beragam hal. Begitu pula di 2020 yang ditetapkan sebagai tahun tikus logam berdasarkan astrologi China. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini ada beberapa poin terkait apa yang perlu diperhatikan serta dihindari jika ditilik dari segi feng shui.

Menurut Senior Consultant dari Feng Shui Consulting Indonesia Angelina Fang, untuk feng shui bangunan, yang harus dihindari setiap tahunnya ada beberapa sektor yang tidak boleh diketok atau renovasi. Hal ini dikarenakan tindakan tersebut dapat menggetarkan energi bumi yang sedang tidak harmonis di tahun tersebut.

Dari segi properti dan tata letak, penentuan pengaturan feng shui tahunan terbagi menjadi dua bagian yakni properti yang berada di belahan bumi utara atau yang berada di atas garis khatulistiwa seperti Pontianak, Medan, hingga Singapura. Sedangkan untuk properti yang berada di belahan bumi selatan terdiri atas Pulau Jawa, Sumatra bagian selatan, Bali, hingga Kalimantan Selatan.

Angelina menekankan, feng shui sebenarnya bersifat ilmiah, menggunakan kombinasi beberapa ilmu seperti geografi, topografi, astronomi, meteorologi, dan lainnya untuk menganalisis energi alam yang mempengaruhi bangunan dan diselaraskan dengan penghuninya.

"Di tahun tikus logam tidak boleh renovasi, bor, menjebol tembok, mengetok, dan lainnya yang menggetarkan tanah atau bangunan, tetapi kalau ngecat tidak apa-apa. Untuk belahan bumi utara, hindari merenovasi sektor bangunan dari timur laut sampai barat daya dengan 45--225 derajat, pakai kompas yang ada angkanya," kata Angelina saat dihubungi Lifestyle Liputan6.com, Rabu, 22 Januari 2020.

Posisi dalam penggunaan kompas disampaikan Angelina dengan cara berdiri di tengah-tengah bangunan, lalu keluarkan kompas untuk mencari tahu di mana posisi derajatnya tadi.

Jika sudah mendapatkannya, area itulah yang tidak boleh diketok, jika urgent disarankan memakai hari baik agar harmonis. Secara ilmiah, ada perbedaan pengaturan feng shui untuk properti di belahan bumi utara dan belahan bumi selatan.

"Untuk belahan bumi selatan terbagi dua bagian, untuk semester 1 (6 bulan pertama, Januai--Juni) pada 2020 adalah hindari renovasi di area selatan sampai timur laut dengan 195--45 derajat, untuk semester 2 pada 2020 dari barat laut sampai tenggara dengan 315--135 derajat harus dihindari direnovasi area tersebut, karena energi sedang tidak harmonis di tahun tersebut," lanjut sang pakar feng shui.

2 dari 4 halaman

Menilik Shio yang Bagus dan Kurang Bagus Tahun Ini

Angelina melanjutkan, setiap tahun selalu ada shio yang terkena ciong atau clash atau ketidakharmonisan. Ciong  adalah perubahan bukan kesialan. Pasalnya, kita dipaksa untuk dapat keluar zona nyaman.

"Ciong itu perubahan seperti pekerjaan pindah harus adaptasi lagi dan proses ini mirip seperti "ujian untuk naik kelas", di mana kita sebaiknya bersiap untuk ujian dan siap naik kelas," jelasnya.

"Secara bertahap setiap tahun ke-12 shio akan mengalami tahun bagus dan kurang bagus. Shio yang ciong di tahun ini adalah shio kuda, kambing, ayam, kelinci, tikus. Untuk shio tikus dalam tahap ringan," kata Angelina.

Maka dari itu, disarankan untuk dapat meriset, menganalisis sejarah hidup sendiri karena shio itu berdasarkan tahun lahir dan tak semua orang bershio sama akan bernasib sama.

"Maka dengan data lengkap tempat, tanggal, dan jam lahir akan lebih akurat, tahun lahir hanya memberikan gambaran umum agar kita dapat mengantisipasi, bisa lebih banyak intropeksi, mempersiapkan diri," tambahnya.

Sementara, untuk shio yang memiliki tahun yang baik di 2020 meliputi shio kerbau, naga, monyet. Khusus untuk shio monyet, disebut ada sedikit kerikil tetapi tetap bisa bagus. Shio-shio ini akan punya pikiran yang lebih harmonis, jernih dan memiliki hubungan baik dan lebih disukai orang luar seperti atasan, pelanggan, dan lainnya.

"Tetapi tetap jika bagus jangan hanya duduk diam karena network harus diperluas agar mendapat peluang dengan memperbanyak interaksi dan sosialisasi, sementara shio lainnya cukup harmonis," ungkap Angelina.

3 dari 4 halaman

Peruntungan Baik dari Sisi Tata Letak Menurut Feng Shui

Dari segi tata letak, ada sektor yang bagus untuk diaktifkan di 2020 dan ada basic rules yang harus dijalani. Mulai dari sirkulasi udara baik, energi alam udara, matahari, terang gelap diselaraskan dalam kadar yang cukup dan nyaman untuk penghuni.

"Paling gampang rajin membuka pintu dan jendela 2--3 jam agar udara terganti. Udara membawa oksigen jadi lebih sehat jadi tubuh lebih sehat dan semangat, mengambil keputusan tepat, berusaha dengan baik maka hoki akan datang. Hal ini butuh konsistensi menjaga lingkungan baik di samping tetap berusaha optimal," kata Angelina.

Hal penting selanjutnya adalah tertata rapi, ada ruang lapang, energi lebih banyak masuk dan rumah harus bersih.Di 2020 sektor yang diaktivasi belahan bumi utara adalah area barat sampai barat laut dengan 270--315 derajat untuk memasang kipas, lampu LED warna kuning, karena di sana ada energi bagus.

"Energi dalam rumah di sektor bagus itu diaktifkan dengan cara menyalakan kipas atau menaruh lampu kuning di sektor tersebut," tambahnya. Untuk belahan bumi selatan semester 1, kasih kipas atau lampu LED warna pink, ungu di sektor utara 315-0 derajat," tambahnya.

Sedangkan di semester 2, di sektor barat daya sampai barat dengan 227-270 derajat letakkan kipas atau lampu LED kuning. Aktivasi akan memberi manfaat ke penghuni untuk lebih harmonis.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cerita Akhir Pekan: PDKT Zaman Dulu dan Sekarang
Artikel Selanjutnya
Cerita Akhir Pekan: Kompromi Hati Tanpa Kehilangan Jati Diri