Sukses

Serba-serbi Lensa Kontak yang Harus Diketahui

Anda beberapa hal penting terkait pemakaian dan perawatan lensa kotak yang wajib Anda tahu. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Selain kacamata, lensa kontak menjadi pilihan bagi mereka yang memiliki keluhan penglihatan, baik untuk rabun jauh, dekat, hingga silinder. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengenakannya.

"Contact lens itu di-create as a medical devices, kita sangat tidak disarankan tiba-tiba beli tanpa prescription. Makanya kita jual di optik karena kalau di optik ada yang membantu untuk periksa mata dan melihat kondisi mata," kata Brand Manager Acuvue, Mia Al Maidah di peluncuran Acuvue Oasys with Transitions di Jakarta, Selasa, 17 Desember 2019.

Mia melanjutkan, secara umum jika ingin membeli lensa kontak, memang diharuskan untuk memeriksakan mata ke optik. Selain itu, perlu mengetahui pula apa yang harus dilakukan ketika punya masalah pada mata.

"Seperti aku yang matanya minus, supaya minus tidak bertambah kalau malam jarang melihat handphone terlalu lama, membaca sambil tidur," tambahnya.

Mia menekankan menjaga kebersihan mata, salah satunya untuk menghindari mata merah. "As simply as jangan sampai pada saat kita gatal dikucek dan kotor. Please wash your hand before you do something with your eyes, pakai contact lens atau saat gatal, kebersihan sangat penting agar mata tidak sensitif atau merah," ungkap Mia.

Bagi sebagian orang, memakai lensa kontak terkadang terasa menyulitkan. Namun, Mia memberikan cara mudah dalam hal mengenakan lensa kontak.

"Pasti harus jaga kebersihan, harus cuci tangan dulu sebelum pakai contact lens, make sure contact lens yang dibeli memang sudah cocok dengan mata dan sesuai kebutuhan mata, ambil contact lens, tarik ke bawah (bagian bawah mata) sedikit, hadap ke atas, masukkan pelan-pelan, cukup lepaskan, kedip beberapa kali, sudah selesai," jelasnya.

Mia melanjutkan, pemakaian lensa kontak tidak terasa di mata. Mungkin ada beberapa orang yang awalnya merasa takut, tetapi akan sangat mudah dan gampang ketika sudah benar-benar mengetahui cara pakainya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merawat Lensa Kontak

Tak hanya memakai, lensa kontak juga harus dirawat. Seperti yang diketahui, penggunaan lensa kontak sendiri bermacam-macam, mulai dari harian, mingguan, dan bulanan.

"Kalau yang harian, tentunya kita cuma bisa pakai sekali, selesai langsung buang, aku sangat prefer daily karena lebih higienis. Untuk yang penggunaan berkali-kali, baik mingguan atau bulanan, harus cuci," kata Mia.

Lantas, bagaimana tips mencuci lensa kontak? "Caranya, selalu dimulai dengan cuci tangan, ambil contact lens-nya, taruh di tempat contact lens tetapi pastikan tempatnya juga ada tetesan softlens itu harus diganti setiap memasukkan dan mengeluarkan contact lens," tambahnya.

"Ada suatu metode bilang, kalau bisa satu bulan sekali case contact lens diganti dan make sure itu bersih," ungkapnya.

Sementara, Mia menyebut saat memakai lensa kontak, sangat tidak disarankan untuk dibawa tidur. Selain sebagai waktunya mata beristirahat, tetapi juga untuk menghindari keluhan mata lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.