Sukses

3 Tips Wisata Seru dan Hemat di Tokyo

Ada banyak tempat menginap dan rumah makan yang menawarkan jasa dengan harga yang terjangkau di Tokyo.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai ibukota Jepang, Tokyo adalah kota yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Kota yang tidak pernah tidur ini bukan hanya didominasi oleh gedung-gedung pencakar langit dan pusat perbelanjaan.

Kota ini juga masih menyimpan keagungan jejak masa lalu sarat akan nilai kebudayaan yang menarik untuk dieksplorasi. Berlibur ke Tokyo seringkali terlihat mustahil, apalagi jika Anda seorang budget traveler. Gemerlap kota ini seringkali membuat kita berpikir bahwa biaya berwisata ke Tokyo pastinya mahal.

Padahal, kenyataan yang terjadi justru sebaliknya. Tokyo merupakan salah satu kota yang sangat ramah bagi para budget travelers. Ada banyak tempat menginap dan rumah makan yang menawarkan jasa dengan harga yang terjangkau.

Tak hanya itu, Anda juga dapat melakukan beberapa aktivitas gratis tanpa dipungut biaya selagi berlibur di kota ini. Setelah Anda mendapatkan visa Jepang, baca tips berikut ini.

Rekomendasi Penginapan Murah di Tokyo

Kalau Anda berencana untuk berwisata di Tokyo selama beberapa hari, sangatlah penting untuk memilih tempat menginap dengan budget yang terjangkau.

Untungnya, Tokyo memiliki beberapa tempat penginapan yang tersedia dengan harga terjangkau dan akan memanjakan Anda dengan fasilitas dan pelayanan yang disediakan.

1. Hostel dan Cafe Almond di Shibuya

Walaupun tergolong baru, Hostel dan Cafe Almond berhasil merebut hati para backpackers yang tengah berlibur ke Tokyo. Akomodasi yang berlokasi hanya 15 menit dari Shibuya Crossing ini menawarkan kamar penginapan yang nyaman dan cocok untuk pasangan atau backpackers dewasa.

Anda juga dapat bersantai di Cafe Almond yang menghadirkan nuansa santai dan sangat ramah. Hidangan dan snack yang disajikan di restoran ini juga sangat lezat, Anda dapat menikmatinya sambil bercengkrama dengan teman-teman sesama backpackers yang lain.

2. BnA Koenji

Jika Anda pencinta karya seni, jangan lewatkan kesempatan untuk datang dan menginap di BnA Koenji. Hotel ini memang memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan hotel-hotel budget lainnya.

Namun, sebagian dari pendapatan yang dihasilkan oleh hotel ini didonasikan untuk mendukung komunitas seni lokal yang turut menyumbang berbagai karya seni untuk menghias setiap sudut hotel. Anda akan dibuat terpana dengan desain kamar menginap yang unik dan penuh akan karya seni kontemporer.

Hal ini membuat Anda serasa memiliki galeri seni pribadi. Anda juga dapat mengunjungi bar yang berada di lantai bawah yang tentunya tidak kalah artistik. Anda dapat menjangkau Shinjuku Central Park dari hotel ini cukup dengan berkendara selama 10 menit.

3. Andon Ryokan

Berlibur ke Jepang tentunya terasa kurang lengkap jika Anda tidak menginap di hotel tradisional atau Ryokan. Salah satu ryokan yang paling terjangkau dengan fasilitas terlengkap adalah Andon Ryokan. Ryokan ini berlokasi hanya beberapa menit saja dari Stasiun Ueno, dan Anda dapat menjangkau kawasan kultural Asakusa cukup dengan berjalan kaki selama 20 menit.

Hotel tradisional ini menawarkan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Selama menginap, Anda dapat menyaksikan keindahan kebudayaan tradisional Jepang yang berpadu sempurna dengan teknologi modern.

4.Yamanaka Ryokan

Ingin menginap di Ryokan klasik yang menawarkan atmosfir kebudayaan tradisional Jepang yang kental? Berkunjunglah ke Yamanaka Ryokan yang terletak di kawasan Ueno. Penginapan tradisional ini menawarkan fasilitas penginapan dengan desain interior yang akan membawa Anda kembali ke masa lalu.

Selagi menginap, Anda akan dimanjakan dengan fasilitas tempat tidur dan pemandian yang nyaman. Tak hanya itu, Anda juga dapat menikmati berbagai macam hidangan tradisional khas Jepang yang sangat lezat. Jangan lupa untuk mengunjungi area perbelanjaan di Yamanaka Ginza yang sudah berdiri sejak era Showa.

5. Bunka Hostel Tokyo

Bunka Hostel Tokyo adalah hostel ramah budget yang sangat cocok bagi para solo traveler. Hostel ini menawarkan hunian yang ramah dimana Anda memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan backpacker dari seluruh dunia yang menghabiskan waktu untuk menginap di Tokyo.

Hotel ini menawarkan konsep hotel kapsul unik untuk tema ruang tidur untuk menjamin kenyamanan dan privasi. Hotel ini juga menawarkan ruang dapur yang digunakan bersama dengan penghuni hostel yang lain. Selain itu terdapat ruangan khusus dimana Anda dapat bersantai bersama dengan teman-teman baru.

Rumah Makan Termurah di Tokyo

Tak hanya dapat menginap di penginapan murah di Tokyo, Anda juga bisa menikmati berbagai macam hidangan lezat khas Jepang dengan harga yang murah di restoran berikut ini

1. Afuri

Berlokasi di kawasan Ebisu, Afuri adalah ramen bar dimana Anda dapat menikmati semangkuk mie ramen dengan harga yang sangat terjangkau. Porsi yang ditawarkan juga tidak terlalu banyak sehingga sangat cocok buat Anda yang menginginkan santapan ringan untuk siang atau mlam hari.

Selagi menyantap semangkuk ramen yang dihidangkan, Anda juga dapat menikmati dekorasi dengan style Industrial yang dimiliki oleh ramen bar ini. Restoran ini terbilang sangat populer tidak hanya di kalangan backpackers tetapi juga di kalangan anak-anak muda Jepang.

2. Akitaya

Akitaya merupakan stand bar bergaya klasik yang menghidangkan sajian organ dalam sapi atau babi yang dibumbui dengan rempah-rempah lezat.

Makanan yang tergolong ekstrim di kalangan masyarakat Jepang ini terasa semakin nikmat jika Anda menyantapnya dengan secangkir sake atau shochu. Anda juga dapat menikmati secangkir bir nikmat untuk melengkapi petualangan malam bersama dengan teman-teman atau pasangan.

3. Anda Gyoza

Hidangan gyoza pastinya tidak terdengar asing di telinga Anda. Hidangan dumpling khas Jepang ini memang sangat populer dan diminati oleh warga dunia. Selagi berlibur ke Tokyo jangan lewatkan kesempatan untuk menyantap gyoza dengan harga murah meriah di Anda Gyoza.

Restoran ini juga menyajikan aneka hidangan khas dataran China yang dimasak dengan presisi sehingga menghadirkan citarasa yang orisinil. Selain gyoza, Anda juga dapat menyantap sajian Chinese Food lainnya yang sayang jika dilewatkan.

4. Butayaro

Bagi penggemar daging wajib datang dan bersantap di Restoran Butayaro. Restoran ini menghidangkan butadori, atau irisan babi panggang yang disajikan di atas semangkuk nasi putih hangat. Anda dapat memilih ukuran porsi kecil jika tidak ingin terlalu kenyang.

Atau jika Anda sedang merasa sangat lapar bisa memilih porsi jumbo yang juga cocok untuk disantap beramai-ramai. Letak dari restoran ini juga sangat strategis, yaitu tepat di area luar dari Stasiun Ochanomizu.

5. Coutume Aoyama

Restoran di Tokyo tidak melulu menawarkan hidangan tradisional Jepang. Beberapa restoran dan coffee bar seperti Coutume Ayama menyajikan sajian masakan khas Eropa yang sangat lezat.

Coutume Aoyama tidak hanya populer sebagai bar kopi di kalangan anak-anak muda Jepang. Restoran ini juga menyajikan masakan Perancis dengan harga yang sangat terjangkau. Bahkan bila Anda datang sebelum jam 11 pagi, Anda berkesempatan untuk membeli set sarapan dengan harga yang sangat murah.

Aktivitas Murah Meriah dan Gratis di Tokyo

Tidak harus berkunjung ke tempat-tempat wisata yang mahal agar dapat menikmati keindahan Tokyo. Liburan Anda akan terasa berkesan dan jauh lebih hemat jika melakukan aktivitas berikut ini:

1. Berjalan-jalan di Area Imperial Palace

Imperial Palace atau Istana Kekaisaran merupakan salah satu landmark yang paling ikonik di Tokyo. Istana dengan gaya arsitektur khas ini terbagi menjadi beberapa area lengkap dengan taman botani yang sangat indah. Banyak warga lokal menjadikan area istana ini sebagai lokasi untuk melakukan olahraga lari pagi sambil menikmati keindahan istana dan taman-tamannya.

Keindahan Imperial Palace jadi semakin terlihat jika Anda berjalan-jalan di area tersebut di musim semi sambil menikmati keindahan bunga sakura. Berlari santai sejauh 5 kilometer di kompleks istana ini tentunya tak akan terasa melelahkan.

2. Mengagumi Arsitektur Kuil Senso

Mengeksplorasi Tokyo tentunya tidak terasa lengkap jika Anda belum mengunjungi Senso-ji. Sensoji merupakan kuil Buddha yang terindah dan paling populer di Jepang. Untungnya, Anda dapat mengunjungi kuil yang populer ini dengan gratis. Selain mengagumi keindahan arsitektur yang dimiliki oleh kuil ini.

Jangan lupa membawa sejumlah uang kecil untuk berbelanja berbagai jajanan ringan dan pernak-pernik unik di sebuah pasar kecil yang dibuka di pelataran luar kuil. Anda dapat menikmati kelezatan ringo-ame atau gulali apel atau mengunyah renyahnya keripik Senbe raksasa.

3. Berjalan-jalan di Harajuku

Harajuku memang dikenal sebagai salah satu kawasan perbelanjaan terbesar di Jepang. Namun, Anda dijamin cukup terpuaskan dengan berjalan-jalan santai di area yang diselimuti keceriaan ini. Buat Anda yang ingin menyaksikan street-style unik dari para anak-anak muda Jepang, dapat mengunjungi Yoyogi Kouen, atau Taman Yoyogi di sore hari saat akhir pekan.

Beberapa area di Harajuku seperti Omote-sando sangat populer dengan barisan pohon Zelkova yang rindang. Anda juga dapat berjalan-jalan di area butik pakaian yang bertempatkan di gedung-gedung dengan arsitektur kontemporer.

4. Menikmati Keindahan Meiji-jingu

Bila Anda ingin mencari ketenangan dan melepaskan diri dari hiruk pikuk kota, menepilah ke Meiji-jingu. Kompleks kuil Shinto ini menawarkan area kebun yang luas dan dipenuhi dengan pepohonan yang rindang. Anda dapat berjalan-jalan santai sambil mengagumi arsitektur kuil atau berpetualang di dalam taman kuil yang luas.

Meiji-jingu juga dikenal sebagai lokasi dimana pernikahan tradisional khas Jepang diselenggarakan. Bahkan jika Anda beruntung, Anda dapat menyaksikan prosesi pernikahan tradisional tersebut. Itu tentunya jadi pengalaman yang tak terlupakan.

5. Bersenang-senang di Pulau Odaiba

Bagi penggemar seri Gundam, Odaiba merupakan destinasi impian yang pastinya ada di dalam bucketlist. Pasalnya, pulau reklamasi yang terletak di Teluk Tokyo ini memiliki patung Gundam raksasa yang sangat ikonik. Selain patung Gundam, Anda juga dapat menemukan replika dari Patung Liberty di Amerika Serikat.

Odaiba juga memiliki pantai buatan yang sangat ramai di musim panas. Tentunya jangan lewatkan kesempatan untuk menyeberangi Jembatan Pelangi di malam hari yang menghubungkan Tokyo dengan Odaiba.

6. Menyaksikan Shibuya Scramble

Shibuya crossing atau tempat penyeberangan Shibuya sangatlah populer dengan fenomena Shibuya Scramble, dimana ratusan manusia akan membanjiri persimpangan jalan tersebut untuk sampai ke tempat tujuan masing-masing.

Anda dapat menghanyutkan diri di dalam lautan manusia tersebut. Atau, Anda juga bisa mengabadikan momen tersebut dari gedung pencakar langit yang terletak di kawasan tersebut. Salah satu tempat yang paling strategis untuk menyaksikan Shibuya Scramble adalah di Taman Mag yang terletak tepat di lantai teratas dari pusat perbelanjaan Shibuya 109-2.

Tunggu apa lagi? Ayo rencanakan liburan Anda di Tokyo sekarang juga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.