Sukses

Deretan Kesibukan Kartika Soekarno Kala Pulang Kampung ke Jakarta

Kartika Soekarno, putri Bung Karno dan perempuan Jepang Ratna Sari Dewi, selama ini tinggal di Eropa bersama suami dan putra tunggalnya.

Liputan6.com, Jakarta - Tak luput dalam ingatan bahwa Soekarno, Presiden Indonesia ke-1 sempat menikahi wanita Jepang, Ratna Sari Dewi Soekarno. Dari pernikahannya ini, mereka dikarunai seorang putri bernama Kartika Sari Dewi Soekarno.

Kartika lahir di Jepang dan dibesarkan di Paris. Namun, kecintaannya terhadap Indonesia tak perlu diragukan lagi. Dia menunjukkan nasionalismenya dengan mendirikan Kartika Soekarno Foundation (KSF) pada 1998 yang bertujuan untuk membantu pendidikan anak-anak di Indonesia.

Adanya lembaga tersebut membuat Kartika kerap bolak-balik Indonesia. Pada Senin, 4 November 2019, dia kembali datang ke Jakarta. Kepulangannya ini tak luput diunggah ke Instagramnya, dia menambahkan keterangan "Just landed in Jakarta, happy to be home. Pulang Kampung."

Kendati demikian, dia tetap melakukan berbagai aktivitas dan pekerjaan. Sesampainya di Indonesia, dia bersama Kedutaan Besar Jepang untuk Republik Indonesia melakukan makan malam bersama.

Besoknya, dia bersama tim KSF melakukan kegiatan konser amal di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Taman Kenanga di Cideng, Jakarta Pusat. Mereka juga bekerja sama dengan JKT Nyaman Project, grup musik yang terdiri dari wanita-wanita Jepang yang tinggal di Jakarta.

Selain konser, terlihat Kartika Seokarno juga menjalani aktivitas kerajinan dengan anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dia mengenalkan cara membuat origami Jepang dan kalung.

Dia mengunggah kesempatan ini ke Instagramnya dengan memasukkan foto anak-anak sedang menulis dan membuat kalung dari kertas. Dia menambahkan keterangan "Biskies was a big hit with the children. JKT Nyaman ladies produced the most amazing personalised goody bags which included Japanese origami tsuru and handmade necklaces. Thank you!"

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini;

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disambut Hangat oleh Warga Indonesia

Tampaknya, tak hanya Kartika yang senang karena dapat beraktivitas di kampung halaman ayahnya. Tapi, masyarakat juga turut antusias. Terbukti dari beberapa komentar di Instagramnya.

Pada salah satu unggahan tentang konser amal, terlihat ada komentar dari seorang orangtua yang menuliskan "thanks for coming. Our child soo happy. Nice to meet you."

Ada pula yang memuji dedikasinya kepada Indonesia. Warganet itu menuliskan "Luarbiasa. tak harus jd pejabat tp hanya orang biasa tp jiwa sosial keperdulian kepada masyarakat luarbiasa.Bu kartika soekarno luarbiasa cintanya ke indonesia seperty alm bpk presiden Soerkarno."

"Hebat ibuku ini..baru tiba di tanah air..sudah sibuk..ga' kenal lelah.." tambah yang lainnya. (Novi Thedora)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.