Sukses

Potret Ganteng Frederik Kiran, Cucu Blasteran Bung Karno yang Berjiwa Sosial

Liputan6.com, Jakarta - Siapa sangka presiden pertama Indonesia, Bung Karno memiliki cucu blasteran yang jarang terekspos. Frederik Kiran Soekarno Seegers, atau akrab disapa Kiran ini merupakan cucu Soekarno yang tinggal di Belanda.

Kiran merupakan anak dari pasangan Kirana Kartika Sari Soekarno dan Frits Frederik. Kartika Sari merupakan anak dari istri Bung Karno yang merupakan orang Jepang, Naoko Nemoto atau lebih dikenal Ratna Sari Dewi Soekarno.

Dilansir dari berbagai sumber, Kiran lahir pada 24 Agustus 2006. Kiran yang mulai tumbuh dewasa ini terlihat sangat tampan. Sang ibu sering membagikan momen kebersamaannya melalui Instagram @kartikasoekarnofoundation.

2 dari 4 halaman

Mengenal Budaya Indonesia dan Jepang

Walaupun tinggal di luar negeri, Kartika tetap mengenalkannya dengan budaya Indonesia dan Jepang. Melalui akun Instagram @kartikasarifoundation, terlihat unggahan foto Kartika mengenalkan budaya Indonesia dan Jepang kepada Kiran.

Kiran juga terlihat mengenakan batik dan kimono. Terlihat dari unggahan @kartikasoekarnofoundation, 1 September 2018, memperlihatkan Kiran mengenakan batik paduan warna cokelat dan putih. Ada pula potret Kiran dalam balutan kimono atasan warna hijau tua dan bawahan hitam, diunggah 31 Maret 2019. Tak lupa pedang khas tradisional Jepang yang dipegangnya.

Sang ibu juga terlihat mengenalkan pakaian tradisional Jawa pada masa kolonial. Tak hanya itu, terdapat senjata tradisional dan figur yang menggambarkan pasar di masa lampau. Benda-benda tersebut dipajang di Museum Rijks, Belanda di bagian Indonesia.

3 dari 4 halaman

Senang Ikut Kegiatan Sosial

Sang ibu, Kartika Soekarno, mendirikan Kartika Soekarno Foundation, sebuah yayasan yang berfokus pada pendidikan dasar, kebudayaan, serta kesejahteraan ibu-anak di Indonesia. Ia kerap kali berkunjung ke Pendidikan Usia Dini (PAUD) dan posyandu di berbagai daerah di Indonesia.

Kiran pun sering diajak untuk ikut menjadi relawan dalam acara yayasan tersebut. Terlihat dalam satu foto yang diunggah 31 Maret 2018, Kiran terlihat membagikan jajanan gorengan kepada anak-anak kecil. Ia juga pernah ikut dalam acara penggalangan dana untuk menunjang kegiatan di yayasan yang dibangun ibunya tersebut.

Kiran juga pernah menggalang dana bersama teman-teman sekolahnya di Paplewick untuk membantu korban tsunami di Palu, Sulawesi Tenggara. Pada foto yang diunggah 14 Oktober 2018, anak lelaki itu terlihat menjual sejumlah produk khas Indonesia, yakni kain pantai Bali, kain batik, hingga clutch rotan. (Fairuz Fildzah)

4 dari 4 halaman

Saksikan vidio pilihan di bawah ini :

Loading