Sukses

Lelaki Serbia Merawat Lebih dari 750 Anjing dengan Penuh Cinta

Liputan6.com, Jakarta - Berawal dari menyelamatkan anjing liar pada 2008, Sasha Pesic asal Serbia tak tahu dalam satu dekade ia telah menyelamatkan sekitar 1.200 anjing. Saat ini ia masih merawat lebih dari 750 anjing yang telah diselamatkan.

Sasha Pesic menjadi terkenal di dunia pada 2015, ketika sebuah video dirinya secara akrobatik jatuh ke kaki jembatan untuk menyelamatkan anak anjing yang terlantar menjadi viral di media sosial, seperti dilansir Oddity Central, Jumat, 1 November 2019.

Sejak menyelamatkan anak anjing liar lebih dari satu dekade lalu, Pesic telah mendedikasikan hidupnya untuk merawat anjing-anjing liar.

Ia telah mengambil sekitar 1.200 anjing dari jalan-jalan Nis, lebih dari 400 di antaranya telah diadopsi oleh orang-orang di seluruh dunia. Namun,  ia masih memiliki lebih dari 750 di antaranya dalam perawatannya dan memerlukan bantuan.

Setiap bulan Sasha harus mengeluarkan dana sebesar 11.150 dolar AS atau setara Rp155 juta. Biaya itu belum termasuk untuk biaya ribuan anjing lain, bayar pekerja, biaya tempat penampungan sementara.

Sasha mendapat sumbangan, sebagian besar dari orang-orang di luar Serbia. Faktanya, banyak yang membuat keadaan semakin sulit dengan meninggalkan anjing di dekat tempat berlindungnya. Mereka tahu bahwa ia tak tega membiarkan anjing-anjng kelaparan.

"Orang biasanya datang untuk meninggalkan anjing yang tak diinginkan, mereka jarang datang untuk memelihara salah satu anjing di tempat penampungan," kata Pesic kepada Niske Vesti.

Bagi Sasha, anjing adalah makhluk hidup yang harus diperlakukan dengan lebih baik. Ia telah meminta bantuan berkali-kali, tapi orang-orang di sekelilingnya tak mendengar apa yang ia lakukan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Diberi Cinta

Untungnya, pencinta binatang di luar Serbia memberikan dukungan padanya. Banyak orang dari penjuru dunia menyumbangkan uang kepadanya setiap bulan untuk biaya pemeliharaan anjing-anjing itu.

Melalui kampanye di Patreon, Sasha berusaha untuk mendapatkan sumbangan bulanan yang cukup untuk mendukung tempat penampungan istimewanya, meski tujuannya belum tercapai.

Sasha mendirikan tempat perlindungan anjingnya di sebuah klub berkuda tua, di tanah kota, tapi terancam penggusuran. Untungnya, sebuah petisi yang ditandatangani oleh ribuan orang membuat pihak berwenang membatalkan penggusuran.

Meski masalah tak selesai secara permanen, tapi ia bersyukur anjing-anjingnya masih memiliki rumah. Saat ini belum ada alternatif yang lebih baik untuk anjing-anjing tersebut.

Banyak orang memiliki masalah merawat seekor anjing. Namun, Sasha Pesic mengatakan bahwa ia tahu setiap anjingnya dengan namanya dan merawatnya agar mereka melupakan trauma ditingkal dan hidup di jalanan. 

"Mereka pulih dengan cepat, mereka hanya perlu diberi sedikit cinta, makanan dan perawatan dan segera mereka menjadi jinak dan ceria lagi," kata Pesic.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS