Sukses

Cocok Jadi Teman Nonton Bola, Kudapan khas Timur Tengah ini Bisa Jadi Inspirasi

Liputan6.com, Jakarta Tanpa camilan, nonton pertandingan itu terasa ada yang kurang. Selain lumayan untuk mengganjal perut dan menunda lapar, suasana juga jadi makin seru apalagi kalau bareng teman-teman sesama penggila bola. Kali ini kudapannya dibuat spesial dong, jangan cuma keripik atau kacang biasa.

Terinspirasi oleh oleh-oleh yang sering dibawa pulang oleh orang-orang yang naik haji, berikut beberapa camilan yang bisa kamu nikmati sambil nonton bola.

Baklava

Nggak melulu jajanan bercitarasa gurih atau pedas, kali ini kelezatan baklava cocok banget buat menemani keseruan nonton bola. Kudapan khas Turki dan negara Timur Tengah lainnya ini memang sudah nggak asing lagi di lidah. Adonan pastry tipis diisi dengan campuran kacang walnut, pistachio atau kacang tanah cincang, lalu disiram dengan madu. Dipanggang hingga permukaannya garing lalu disajikan dalam potongan-potongan kecil.

Qatayef

Bentuknya mirip pastel tapi qatayef diisi dengan keju putih yang lembut. Setelah digoreng hingga kulitnya berubah warna jadi kecoklatan, saat digigit ada sensasi manis, gurih, dan asam. Paduan rasa yang unik itu berasal dari lelehan keju yang bercampur dengan lemon dan sirup gula. Biasanya qatayef disajikan sebagai takjil sepanjang bulan Ramadan, sementara di India makanan ini sering disebut juga dengan samosa.

Luqmat Al-Qadhi

Gorengan jadi salah satu kudapan yang wajib ada saat nonton bola. Buat yang nggak bisa lepas dari camilan bertekstur garing, bisa banget mencoba luqmat al-qadhi yang merupakan manisan khas Arab. Adonan berbentuk bulat yang nggak terlalu besar ini digoreng garing lalu disajikan dengan siraman dirup gula. Aromanya memang menggugah selera, apalagi dengan paduan sempurna kayu manis dan taburan biji wijen. Cocok dinikmati bareng segelas es kopi kekinian.

Kulfi

Buat yang ingin membuat makanan bercitarasa menyegarkan, kulfi bisa jadi pilihan. Dessert favorit di negara-negara Timur Tengah ini mirip pudding dan membuatnya pun nggak sulit. Kulfi termasuk kudapan yang jadi kesukaan warga Jazirah Arab, apalagi ditambah cincangan pistachio yang memberi tekstur gurih dan bahan lain seperti mangga dan kapulaga yang bikin rasa dan aromanya makin menggoda.

Sobia

Selain kulfi, sobia merupakan manisan khas Arab yang disajikan secara dingin. Bedanya, kudapan yang satu ini menyertakan potongan roti pita gandum dan oatmeal di dalamnya.

Aroma rempahnya pun lebih kaya berkat taburan kayu manis dan kapulaga bubuk yang dijadikan sebagai topping. Walau berlabel camilan, kandungan kalori dalam sobia cukup tinggi lho, jadi cocok sebagai sumber energi saat mendukung tim kesayangan berlaga di lapangan hijau.

Khas oleh-oleh naik haji, kudapan ini cocok banget disajikan buat menjamu teman-teman yang datang khusus buat nobar. Mau coba?

 

(*)

Loading
Artikel Selanjutnya
Ternyata Berangkat Umrah Bisa Bayar Setelah Pulang, Begini Caranya