Sukses

Mengenang Tienuk Riefki, Maestro Rias Pengantin Langganan Presiden dan Keraton

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kembali kehilangan salah satu putri terbaiknya. Kali ini kabar duka datang dari maestro rias pengantin tradisional Tienuk Riefki. Ia merupakan perias pengantin kepercayaan para artis dan pejabat, termasuk keluarga Presiden Soeharto dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Tienuk dikabarkan meninggal dunia pada Sabtu, 14 September 2019.Kabar itu diunggah oleh akun Instagram @indohighsocials pada Minggu, 15 September 2019.

Unggahan tersebut menampilkan foto Tienuk dan tulisan tentang kabar kepergian Tienuk yang dibenaran oleh adiknya, Dewi Meitasari.

Tienuk yang mengalami infeksi di paru-paru masuk rumah sakit pada Selasa, 10 September 2019. Ucapan duka dan belasungkawa juga terlhat di akun Instagram resminya, @tienukriefki.

Nama Tienuk akan selalu dikenang terutama di bidang makeup tradisional, khususnya rias pengantin di Indonesia. Perempuan asal Jogja ini sudah 40 tahun lebih menekuni seni tata rias.

Dilansir dari video wawancara khusus dengan Brilio.net yang diunggah di video.com, Tienuk merupakan perias langganan keluarga Keraton Yogyakarta dan Presiden.

Tienukpernah dipercaya Keluarga Presiden ke-2 RI, Soeharto untuk menjadi perias mereka. Salah satunya adalah menjadi perias pengantin putri bungsu Pak Harto yaitu Mamiek Soeharto.

2 dari 3 halaman

Jangan Pernah Terlambat

Ia dan timnya juga jadi perias Annisa Pohan dan Aliya Rajasa, dua menantu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat keduanya menikah.

Tienuk juga menjadi perias kepercayaan Keluarga Keraton Yogyakarta. Kiprahnya dimulai pada 1983 saat merias untuk pernikahan Gusti Joyokusumo dengan Gusti Prabukusumo.

"Saya ini jadi perias pengantin dari 10 anak Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan empat putra-putri Sri Sultan Hamengkubuwono X, jadi total 14 kali saya ngladosi (melayani) di Keraton Jogja," tuturnya.

Selain langganan keluarga Presiden dan pejabat, Tienuk Riefki juga kerap mendandani para artis, beberapa di antaranya adalah Dian Sastrowardoyo, Wulan Guritno dan Chacha Frederica. Tienuk juga sempat berbagi tips untuk para perias pengantin dan makeup artist.

“Kepercayaan itu penting, jadi jangan pernah mengecewakan pelanggan. Dan jangan pernah terlambat, apalagi kalau merias pengantin. Kalau kita telat, semua acara pernikahan bakal jadi telat,” ucap Tienuk Riefki.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading