Sukses

Manfaat Ekstrak Daun Nangka yang Jarang Diketahui Orang

Ekstrak daun nangka berguna untuk menurunkan gula darah.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini masyarakat mulai mengikuti pengobatan tradisional. Mereka meminum ramuan herbal yang terbuat dari ekstrak dedaunan, seperti daun nangka.

Daun nangka rupanya dipercaya untuk mengatasi masalah diabetes. Caranya melalui proses perebusan yang kemudian diminum.

Selama ini penderita diabetes mengonsumsi obat-obatan atau suntik insulin jika kondisi kadar gulanya di atas normal. Hal itu untuk mengatur kadar gula darah.

Daun nangka yang direbus tentu daun yang sudah tua, buka yang muda. Seperti dilansir dari jawapos.com dari Nature World, berikut manfaat ekstrak daun nangka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengurangi Kadar Gula Darah

Ekstrak air daun nangka memiliki efek hipoglikemik yang signifikan, mengurangi kadar gula darah pasca makan. Penelitian pada hewan dilakukan pada tikus normoglikemik dan tikus diabetes yang diinduksi streptozotocin. Hasilnya menunjukkan ada efek sebagai penurun gula darah.

Toleransi Glukosa

Selain itu, ekstrak daun nangka juga membantu meningkatkan toleransi terhadap glukosa. Menurut penelitian pada hewan yang dilakukan pada tikus diabetes dan non-diabetes. Ekstrak daun terbukti meningkatkan toleransi glukosa juga pada manusia.

Rawat Luka Diabetes

Penelitian menunjukkan manfaat daun nangka untuk penyembuhan luka borok karena diabetes. Ekstrak daun nangka berbasis metanol terbukti memiliki aktivitas penyembuhan luka yang sebanding dengan antiseptik. Mineral dalam ekstrak daun nangka, seperti seng, mangan, tembaga, dan besi, membantu proses pertumbuhan dan replikasi sel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.