Sukses

Ramuan Herbal ala Madura Buat Perempuan Lebih Mempesona

Liputan6.com, Jakarta Wilayah Madura terkenal akan ramuan herbal. Ramuan dari tanaman herbal yang banyak ditemukan di sana bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, khususnya untuk perawatan kaum perempuan.

Menurut Dr. (H.C.) Martha Tilaar dalam bukunya Kecantikan Perempuan Timur, masyarakat di Madura biasa merawat kesehatan dengan berbagai ramuan. Terdapat lebih 10 macam ramuan untuk kesehatan.

Tidak hanya diaplikasikan pada wajah, melainkan juga di bagian tubuh lainnya. Tidak hanya soal kesehatan, namun juga soal kesegaran dan kecantikan.

Berikut ini beberapa ramuan tanaman herbal dari Madura yang sering digunakan, dan bermanfaat untuk memberikan pesona bagi kaum perempuan. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

1 dari 3 halaman

Mahkota Tubuh

1. Rambut

Untuk rambut, Martha menulis bahwa air tirisan abu dapur dapat digunakan untuk rambut. Air tersebut dibilaskan ke rambut saat keramas.

Adapun, abu yang paling bagus adalah abu dari tempurung kelapa. Sebagian masyarakat juga menggunakan mengkudu merah yang dilumatkan dan dibilas ke kepala, lalu disisir.

Dua bahan tadi menurut Martha, bisa mengeluarkan busa seperti sampo. Manfaatnya adalah membuat rambut menjadi hitam, subur, tidak beruban, dan lebih kemilau.

2. Wajah

Perawatan wajah berupa bedak lulur berbentuk bundar. Bahan yang digunakan adalah beras yang direndam 1 cangkir, kunyit atau temulawak atau temu kuning sebesar telur itik, dan beng ramuk (tanaman seperti pohon sereh namun akarnya harum).

Bahan ini dihaluskan dan dibuat berbentu bulatan-bulatan kecil seperti telur cicak, yang dalam bahasa Madura disebut bedak pelkeran.

 

2 dari 3 halaman

Tubuh Bagian Bawah

3. Bagian Dada dan Perut

Bagian ini juga harus mendapat perhatian. Terutama payudara. Para wanita yang memberikan ASI pada anaknya, perlu melakukan perawatan pada payudara mereka. Perawatan ini bisa dilakukan dengan meminum ramuan kejja atau daun katuk yang berfungsi melancarkan ASI.

Sementara, untuk bagian perut, perawatan yang diaplikasikan adalah untuk merampingkannya. Umumnya, ramuan yang digunakan adalah "galian singset".

4. Area intim

Untuk area intim, ramuan yang cocok menurut Martha Tilaar adalah jamu "sari rapet", "rapet wangi", dan "galian rapet". Gunanya untuk menghilangkan keputihan, penyakit yang sering dijumpai pada vagina.

Artikel Selanjutnya
Migrant CARE: 5 Buruh Migran Meninggal Setiap Harinya
Artikel Selanjutnya
Women's March: RKUHP Bahayakan Perempuan Korban Perkosaan