Sukses

Ingin Membayar BPJS? Lakukan Via Online Lebih Mudah dan Praktis

Selain mendaftar, Anda juga bisa bayar BPJS secara online. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membayar secara online.

Liputan6.com, Jakarta Untuk menjamin seluruh warga negara Indonesia mendapatkan layanan kesehatan yang sama dan merata, Pemerintah membuat layanan asuransi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Program ini hadir secara resmi di Indonesia sejak tahun 2014 dan menjadi alternatif asuransi kesehatan termurah yang bisa dijangkau oleh seluruh masyarakat.

Kesehatan BPJS Kesehatan ini sifatnya wajib dimiliki oleh seluruh warga negara. Pemerintah pun membuat layanan ini dapat dengan mudah dijangkau dengan menghadirkan layanan BPJS yang bisa diakses online. Setiap orang saat ini sudah bisa mendaftar BPJS secara online tanpa harus mendatangi kantor cabang BPJS. Selain mendaftar, Anda juga bisa bayar BPJS ini secara online. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membayarnya secara online.

Cek tagihan dengan mudah

Sebelum membayarnya, Anda perlu mengecek terlebih dahulu jumlah tagihannya. Ada dua cara yang bisa dilakukan dengan mudah untuk mengetahui tagihan BPJS. Pertama adalah melalui SMS pemberitahuan. Biasanya BPJS akan mengirimkan informasi tagihan melalui SMS jika nomor handphone yang didaftar sebagai peserta BPJS sedang aktif.

Namun, jika belum mencantumkan nomor yang bisa dihubungi, Anda bisa melakukan pengecekan lewat SMS Gateway ke nomor 087775500400 dengan format TAGIHAN <spasi> nomor kartu layanan BPJS. Cara kedua adalah secara online melalui website BPJS di laman resminya. Pada lama utamanya pilih "Cek iuran BPJS Kesehatan," yang bisa diisi dengan nomor kartu BPJS dan tanggal lahir peserta. Selanjutnya Anda akan melihat tagihan.

Bayar lewat m-banking

Setelah mengetahui berapa jumlah tagihan, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Cara pertama yang bisa dilakukan secara online adalah melalui layanan m-banking. Beberapa bank swasta telah memiliki fitur pembayaran BPJS Kesehatan yang telah terintegrasi ke dalam sistemnya.

Hal yang perlu diingat adalah nomor kartu peserta BPJS karena Anda akan diminta untuk memasukkannya untuk melanjutkan ke proses pembayaran. Jika telah melakukan pembayaran melalui m-banking, Anda bisa menyimpan riwayat pembayaran ini. Hal ini dilakukan untuk memudahkan Anda saat ingin membayar untuk bulan-bulan selanjutnya.

Lewat aplikasi online

Alternatif pembayaran secara online lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi-aplikasi layanan pihak ketiga. Saat ini telah banyak aplikasi pihak ketiga yang menyediakan gerbang pembayaran untuk BPJS Kesehatan ini. Salah satunya adalah aplikasi Traveloka. Layanan ini memudahkan para pengguna Traveloka dalam melakukan transaksi online, baik melalui aplikasi atau pun situs mereka.

Prosesnya pun sangat mudah dengan biaya administrasi yang sangat murah. Anda tinggal mengunjungi situs Traveloka atau buka aplikasinya, lalu pilih menu "Bayar Tagihan" dan klik "BPJS Kesehatan." Selanjutnya Anda tinggal mengisi data yang diminta dan memilih metode pembayaran yang paling nyaman untuk Anda, mulai dari kartu kredit sampai transfer bank.

Melalui e-payment BPJS

Terakhir adalah dengan menggunakan layanan yang dikelola sendiri oleh BPJS. Layanan sistem e-payment ini memang tergolong baru dan membutuhkan beberapa langkah sebelum bisa menggunakannya. Pertama, Anda harus mendaftarkan diri di situsnya. Setelah melakukan proses registrasi yang melibatkan pendaftaran email, Anda baru bisa mengaktifkan akunnya. Tunggu sampai proses verifikasi selesai, baru setelah itu Anda bisa melakukan pembayaran secara online dengan mudah.

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk membayar tagihan BPJS Kesehatan dengan mudah. Anda tinggal memilih mana cara ternyaman yang bisa dilakukan. Sekarang, Anda tidak perlu repot lagi untuk membayar tagihan BPJS Kesehatan karena dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.