Sukses

6 Bahan Alami untuk Usir Kantung Mata Hitam

Kantung mata hitam seringkali membuat orang tidak percaya diri dan berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan hal yang satu ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kantung mata hitam atau biasa disebut mata panda seringkali membuat orang tidak percaya diri. Penyebab kantung mata sendiri tidak melulu hanya karena kurang tidur, namun juga bisa disebabkan karena kurang vitamin dan mengonsumsi sayuran.

Jika biasanya kamu rajin menutupi kantung mata dengan make up, sekarang saatnya kamu menghilangkannya dengan cara alami. Berikut enam cara alami menghilangkan kantung mata hitam yang dilansir dari laman myindia.com, Senin, 8 Juli 2019.

1. Air Mawar

Air mawar dikenal dapat meremajakan kulit, hingga efektif menghilangkan kantung mata Anda yang hitam. Pasalnya, air mawar memiliki sifat anti-oksidan sehingga memperkuat sel-sel kulit.

Cara pengaplikasiannya sederhana, hanya dengan mengoleskan air mawar pada kapas lalu tempelkan di bawah mata. Biarkan hingga 20 menit lalu bersihkan. Anda dapat mengulangi proses ini setidaknya selama tiga minggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Kentang Mentah

Kentang mentah mengandung antioksidan dan memiliki sifat pemutihan alami. Kentang juga memiliki nutrisi yang bermanfaat bagi kulit dan juga memelihara kulit sangat tipis di sekitar mata. Ini juga mengurangi peradangan dan pembengkakan pembuluh darah.

Caranya, parut kentang atau potong kentang dengan irisan ekstra tipis. Setelah itu tempatkan irisan kentang pada mata selama 10 hingga 15 menit dan bilas dengan air dingin setelah selesai. Anda dapat mengulangi proses ini setiap hari untuk menghilangkan kantung mata yang hitam.

3 dari 6 halaman

3. Tomat

Tomat menjadi salah satu solusi terbaik untuk menghilangkan kantung mata hitam yang membuat Anda tidak percaya diri lantara memiliki sifat pencerah yang kuat dan efektif.. Tomat mengandung sumber likopen, selain vitamin A dan C yang cukup tinggi. Kandungan ini bermanfaat melindungi kulit dari kerusakan.

Anda dapat mengoleskan jus tomat di atas lingkaran hitam dan lalu diamkan sambil bersantai selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan atau bilas menggunakan air dingin. Lakukan cara ini dua hingga tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4 dari 6 halaman

4. Susu Dingin

Memakai susu dingin secara teratur juga bisa menghilangkan kantung mata sekaligus menyegarkan kulit di area sekitarnya. Susu mengandung asam laktat yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan ini mampu meningkatkan kehalusan dan kekencangan kulit serta mengurangi garis kerutan pada wajah.

Anda dapat mengoleskan susu dingin pada kapas lalu gosokkan di area bawah mata yang hitam. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air.

5 dari 6 halaman

5. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat dan pigmen nutrisi. Selain mencegah peradangan, lidah buaya juga mampu membuat kulit tampak lebih sehat dan bercahaya pada wajah.

Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya di bawah kantung mata Anda yang hitam. Pijat selama beberapa menit. Lalu, biarkan semalaman dan cuci dengan air dingin di pagi hari.

6 dari 6 halaman

6. Kunyit

Kunyit memiliki senyawa kuat bernama kurkumin yang dapat membuat kulit tampak bercahaya. Kurkumin secara efektif dapat mengurangi produksi melanin dan mengatasi hiperpigmentasi. Hal ini yang dapat menghilangkan kulit gelap dan mati. Ketika dicampur dengan minyak almond, itu melembabkan kulit.

Anda dapat mengambil setengah sendok kunyit bubuk lalu tuangkan beberapa tetes minyak almond (jika kulit Anda kering). Setelah itu tempelkan di area bawah mata yang hitam dengan campuran ini. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air. Lakukan proses ini sebanyak tiga kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang baik. (Devita Nur Azizah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.