Sukses

8 Manfaat Alpukat Ini Tak Pernah Kamu Bayangkan Sebelumnya

Liputan6.com, Jakarta - Avokad, merupakan buah berwarna hijau dan memiliki tekstur kulit tak rata. Buah ini dapat memberikan banyak manfaat karena kandungan yang terdapat didalamnya.

Avokad memiliki kandungan Vitamin A, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, Vitamin B6, Vitamin B12, Kalsium, Magnesium, Zat besi, Asam lemak, dan lain sebagainya. Kandungan tersebut menjadikan buah ini sangat sehat untuk dikonsumsi.

Namun, tidak hanya itu, ternyata avokad juga dapat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah pada tubuh lo! Berikut adalah beberapa alternatif perawatan yang bisa kamu manfaatkan dengan avokad.

1. Krim Cukur

Krim cukur yang beredar di pasaran sudah pasti mengandung banyak bahan kimia, bahkan krim dengan merek ternama sekalipun. Tingkat keamanannya juga belum tentu terjamin, apalagi dengan ancaman iritasi dan alergi.

Namun jangan khawatir, sekarang kamu bisa membuat krim cukur sendiri lo! Bahan utama yang dibutuhkan adalah avokad, karena avokad mengandung Vitamin A dan Vitamin E yang dapat menyehatkan kulit serta melembutkannya.

Cara membuat: Kupas satu buah avokad yang telah matang, bagi avokad menjadi dua bagian dan buang bijinya. Setelah itu, blender avokad yang telah dipotong hingga teksturnya menjadi halus dan lembut seperti krim.

Krim avokad pun siap untuk digunakan! Sebelum bercukur, kamu hanya perlu mengoleskan krim ini pada kulit seperti penggunaan krim lain pada umumnya. Setelah selesai, simpan sisa krim avokad di dalam kulkas.

2 dari 8 halaman

2. Melembutkan Bibir

Kulit pada bagian bibir sangat rentan menjadi kering dan keriput. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa manggunakan avokad sebagai solusinya.

Kandungan asam oleat yang terdapat di dalam avokad, akan membantu membuat bibirmu menjadi lembut dan lebih berisi.

Cara membuat: Haluskan setengah bagian avokad yang telah matang, lalu campurkan dengan satu sendok teh minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut ke area sekitar bibir dan diamkan selama 25 menit.

Setelah itu, bilas dengan air hangat. Ulangi langkah ini sebanyak dua kali dalam seminggu agar mendapat hasil yang maksimal.

3 dari 8 halaman

3. Perawatan Bagian Bawah Mata

Lingkaran dan kantung di bawah mata muncul karena sirkulasi darah yang buruk dan peradangan pada mata. Untuk mengatasi hal tersebut, kandungan Vitamin A, D, C, dan B-3 dalam avokad dapat membantu mengurangi masalah ini.

Cara membuat: Blender setengah buah bagian avokad dengan empat buah irisan mentimun. Setelah itu, simpan ke dalam wadah dan dinginkan di dalam kulkas selama satu jam.

Jika sudah, oleskan campuran tersebut ke bagian bawah mata. Diamkan selama 25 menit lalu bilas dengan air hangat. Kamu dapat mengulangi langkah ini setiap pagi hari.

4 dari 8 halaman

4. Menyamarkan Stretch Marks

Jika kamu memiliki stretch marks yang mengganggu pada bagian tubuh, gunakanlah krim avokad untuk mengatasinya. Kandungan Vitamin C dan Vitamin E yang ada di dalamnya, dapat membantu mengencangkan kulit dan mengurangi munculnya stretch mark pada tubuh.

Cara membuat: Haluskan satu buah avokad yang telah matang dan campur dengan dua sendok teh minyak almon. Kemudian, oleskan krim avokad pada bagian tubuh yang memiliki stretch marks.

Diamkan selama 35 menit lalu bilas dengan air hangat. Ulangi langkah ini sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

5 dari 8 halaman

5. Masker Rambut

Jika kamu ingin membuat rambutmu menjadi lebih tebal, lembut, dan berkilau maka gunakanlah masker rambut dari avokad! Kandungan vitamin dan asam lemak yang ada di dalam avokad, dapat membantu kamu untuk membuat rambut menjadi lebih indah.

Cara membuat: Haluskan satu buah avokad yang telah matang. Setelah itu, campur dengan dua sendok teh minyak almon dan satu sendok teh garam. Oleskan campuran tersebut ke bagian akar rambut dan pijat dengan lembut.

Selanjutnya, oleskan campuran ini ke seluruh bagian rambut dan diamkan selama 25 menit, lalu bilas dengan air hangat. Kamu dapat mengulangi langkah ini sebanyak tiga kali dalam seminggu.

6 dari 8 halaman

6. Scrub Kaki

Scrub avokad merupakan solusi yang tepat untuk masalah tumit kaki yang retak atau pecah-pecah.

Cara membuat: Haluskan setengah bagian avokad yang matang, lalu campurkan dengan satu sendok teh garam, satu sendok teh gula, serta dua tetes minyak esensial jeruk.

Oleskan campuran tersebut pada tumit dan pijat secara perlahan. Biarkan selama 10-15 menit dan bilas menggunakan air hangat. Kamu dapat mengulangi langkah ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

7 dari 8 halaman

7. Penghapus Riasan

Campuran antara avokad halus dan minyak avokad, dapat menjadi alternatif yang baik sebagai bahan penghapus riasan. Campuran ini tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan riasan, tetapi juga memberi nutrisi pada kulit dengan kandungan vitamin dan asam lemak di dalamnya.

Cara membuat: Campurkan satu sendok teh minyak avokad dengan satu sendok teh avokad yang telah dihaluskan. Oleskan campuran tersebut di wajahmu dan pijat dengan lembut. Diamkan selama lima menit lalu bilas dengan air hangat.

8 dari 8 halaman

8. Eksfolian Pada Wajah

Pengangkatan sel-sel kulit mati merupakan salah satu prosedur yang dapat membantu untuk menjaga kecantikan dan meremajakan kulit. Kandungan Niasin dan Vitamin E yang ada di dalam avokad dapat membantu proses pengangkatan sel-sel kulit mati tersebut.

Cara membuat: Campurkan satu buah avokad matang yang telah dihaluskan dengan dua sendok teh bubuk oatmeal dan satu sendok teh madu murni. Pijat bahan campuran tersebut ke kulit dengan gerakan memutar.

Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Ulangi langkah ini sebanyak satu kali dalam seminggu.

 

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Menyimpan Alpukat yang Benar Agar Tak Mudah Busuk
Artikel Selanjutnya
6 Manfaat Luar Biasa Avokad Bila Dikonsumsi Setiap Hari