Sukses

Tips Hemat Pengeluaran Saat Traveling

Tanpa perhitungan bujet yang baik, pengeluaran saat traveling bisa tidak terkendali.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini makin banyak orang yang suka traveling. Ada banyak pilihan tempat liburan menarik baik di dalam maupun di luar negeri. Para penyuka traveling pasti akan selalu senang dan antusias ketika sudah menapakkan kaki di tempat tujuan.

Saking gembiranya, bisa membuat Anda tidak begitu sayang uang alias boros selama melancong. Biasa kita banyak mengeluarkan banyak uang untuk makanan, atau juga untuk melihat atraksi atau aktivitas yang sangat menarik.

Ditambah lagi kalau kita pergi ke luar negeri, rasanya rugi kalau tak membeli banyak barang untuk kenangan-kenangan. Sayangnya, tanpa perhitungan bujet yang baik, pengeluaran Anda jadi tak terkendali

Selain pada saat pulang dari melancong uang sudah habis, biaya yang dikeluarkan sebenarnya bisa ditabung untuk keperluan lain. Atau bahkan ditabung untuk perjalanan selanjutnya.

Padahal, pengeluaran untuk traveling bisa ditekan dengan berbagai cara. Seperti misalnya dengan melakukan perencanaan keuangan sebelum berangkat.

Dilansir dari Fimela, 27 Juni 2019, Anda perlu melakukan riset yang cukup mendalam mengenai harga-harga makanan, akomodasi, dan transportasi selama traveling. Termasuk biaya yang dikeluarkan untuk atraksi dan serta biaya tak terduga.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Uang Tunai

Kartu kredit memang lebih mudah digunakan untuk melakukan transaksi di luar negeri. Tapi, selain kurs mata uang akan lebih mahal dibandingkan dengan harga di money changer, memakai kartu kredit juga akan terkena beban biaya administrasi.

Hal itu akan membuat uang yang Anda keluarkan justru menjadi lebih banyak. Jadi, sebaiknya Anda menukarkan uang Rupiah ke mata uang asing di money changer sebelum berangkat untuk mendapatkan rate yang lebih murah.

Kendaraan Umum

Taksi memang sangat mudah dan nyaman untuk berpindah dari lokasi satu ke lokasi lainnya. Namun, harga taksi jauh lebih mahal dibandingkan biaya angkutan umum.

Daripada mengeluarkan uang lebih banyak untuk transportasi, lebih baik menggunakan transportasi umum. Selain bisa mendapatkan pengalaman baru yang unik, Anda jadi bisa lebih banyak berhemat selama liburan.  (Karla Farhana/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.