Sukses

Apakah Maskapai Terbaik Dunia 2019 Versi Skytrax?

Posisi Garuda Indonesia turun dari tahun lalu dan gelar World's Best Cabin Crew juga tergeser. Siapa juaranya?

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga pemeringkat maskapai, Skytrax baru saja meluncurkan daftar 10 maskapai terbaik dunia di Paris Air Show, Selasa, 18 Juni 2019. Qatar Airways berhasil meraih ranking pertama dalam penghargaan bergengsi tersebut, sedangkan AirAsia menyabet maskapai penerbangan murah terbaik dunia.

Gelar yang diraih maskapai milik negara Teluk itu merupakan yang keempat kalinya didapat. Qatar Airways menggeser posisi Singapore Airlines sebagai yang terbaik pada tahun lalu. Maskapai penerbangan Singapura itu kini menduduki posisi kedua.

Dilansir South China Morning Post, Kamis (20/6/2019), Qatar Airways menyabet hampir semua gelar terbaik di semua kategori, termasuk di dalamnya Kelas Bisnis Terbaik Dunia, Kursi Kelas Bisnis Terbaik Dunia, dan Maskapai Terbaik di Timur Tengah.

"Dinobatkan sebagai maskapai terbaik dunia adalah penghargaan terbesar untuk standar tinggi yang diterapkan Qatar Airways," kata Edward Plaisted, CEO Skytrax.

Ia menyebut prestasi yang diraih untuk kelima kalinya itu adalah capaian yang luar biasa. "Dan kami mengucapkan selamat atas sukses yang unik tersebut," sambungnya.

Sementara itu, Chief Executive Grup Qatar Airways, Akbar Al Baker menyatakan sangat tersanjung karena dihargai secara global oleh para pelanggannya. Penghargaan kelima kalinya itu dianggap sebagai capaian bersejarah bagi maskapai tersebut.

"Saat ini adalah waktu yang membanggakan bagi maskapai," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagaimana dengan Garuda Indonesia?

Meski tak lagi meraih yang terbaik di dunia, Singapore Airlines berhasil menggeser Garuda Indonesia sebagai World's Best Cabin Crew yang turun ke posisi dua. Maskapai penerbangan asal Singapura itu juga menyabet World's Best First Class, Best Airline in Asia, dan World's Best First Class Seat.

Posisi Garuda Indonesia juga menurun secara keseluruhan. Maskapai pelat merah itu kini menempati ranking 12 dunia, atau turun tiga peringkat dari tahun lalu.

Sementara itu, Philippine Airlines terpilih menjadi maskapai dengan peningkatan kinerja terbaik di dunia. Masih dari Asia Tenggara, Bangkok Airways menyabet gelar maskapai kawasan terbaik dunia, dan ANA disebut sebagai World's Best Airport Services.

Penghargaan tahunan untuk maskapai dunia yang diluncurkan perdana pada 1999 itu didasarkan pada voting para penumpang. Tahun ini, 21,65 juta penumpang dari 100 negara memberikan suaranya secara online mulai September 2018 hingga Mei 2019.

"Fokus survei tahunan ini adalah para traveler memutuskan pilihan mereka sendiri, menentukan maskapai mana yang dianggap terbaik," kata Plaisted.

3 dari 3 halaman

Daftar Lengkap

Berikut daftar 10 maskapai terbaik dunia 2019 versi Skytrax:

Qatar Airways

Singapore Airlines

ANA All Nippon Airways

Cathay Pacific

Emirates

EVA Air

Hainan Airlines

Qantas Airways

Lufthansa

Thai Airways

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.