Sukses

6 Manfaat Biji Anggur yang Jarang Diketahui Publik

Liputan6.com, Jakarta - Biji anggur yang selama ini dibuang saat memakan buah anggur, ternyata punya banyak manfaat. Dalam biji anggur terdapat senyawa oligomeric proanthocyanidin complexes (OPCs).

Senyawa tersebut membantu menghancurkan radikal bebas dalam tubuh. Senyawa ini bermanfaat untuk mencegah berbagai kondisi kesehatan, mulai dari penurunan tekanan darah hingga mencegah kolesterol.

Berikut beberapa manfaat yang ditemukan dalam biji anggur yang dilansir Antara dari Boldsky.

Tekanan Darah Tinggi

Mampu melindungi pembuluh darah dan arteri dari kerusakan yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan kardiovaskuler. Senyawa ini mampu merangsang aktivitas vitamin C dalam tubuh, yang akan meningkatkan produksi kolagen dan mempercepat proses perbaikan pembuluh darah yang rusak.

Sistem Kekebalan Tubuh

Selain vitamin C, biji anggur juga mengandung vitamin E yang membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh untuk melawan bakteri dan patogen virus.

2 dari 3 halaman

Menurunkan Kolesterol

Mampu mengurangi disposisi plak di arteri dan pembuluh darah yang akan menurunkan risiko serangan jantung, stroke, penyakit jantung koroner.

Merangsang Fungsi Otak

Senyawa yang terkandung dalam biji anggur dapat merangsang fungsi kognitif, meningkatkan konsentrasi, memori, retensi, dan suasana hati.

Mencegah Kanker

Mengonsumsi biji anggur dapat meminimalkan risiko kanker kulit dan bahkan memperlambat pertumbuhan pembentukan tumor kulit. Bisa juga untuk melawan kanker payudara, kanker prostat.

Melindungi Paru-Paru

Kandungan efek antibakteri dan antihistamin dalam biji anggur bisa membantu melawan alergi, memperkuat dan melindungi paru-paru dan penyakit lain yang merusak, serta mengurangi risiko masuk angin dan flu.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading