Sukses

Kenapa Berat Badan Naik Drastis Saat Puasa?

Ada berbagai penyebab kenapa berat badan naik justru drastis saat puasa.

Liputan6.com, Jakarta - Selama Ramadan kita melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh. Biasanya karena efek puasa, badan akan terlihat lebih kecil karena menyusutnya berat badan selama berpuasa.

Namun, ada juga sebagian orang yang berat badannya justru naik secara drastis. Apa penyebabnya?  Dilansir Fimela, Jumat, 31 Mei 2019, penyebab berat badan malah naik drastis selama puasa disebabkan pola makanan yang kurang benar, ditambah juga makanan yang dikonsumsi berlebihan.

Karena puasa seharian menahan haus dan lapar, biasanya saat berbuka akan kalap makan apa saja yang Anda suka atau apa saja yang ada. Kalau saja Anda tetap menjaga makanan atau minuman yang dikonsumsi, bisa saja berat badan akan berkurang.

Namun kalau sudah kalap dan tidak menentu apa saja yang dimakan, siap saja kalau berat badan Anda malah naik drastis. Lalu, bagaimana cara mengantisipasinya?

Untuk tetap menjaga berat badan seimbang atau bisa saja berkurang, ada beberapa hal yang perlu dilakukan saat menyantap makanan buka puasa atau sahur seperti berikut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1. Kurangi Makan Gorengan

Gorengan merupakan makanan yang mengandung banyak kalori. Walaupun gorengan sangat nikmat dimakan hangat saat buka puasa, tapi makanan satu ini jika dimakan terlalu sering akan menumpukkan lemak di tubuh.

2. Batasi makan manis

Jangan tergiur oleh takjil manis saat berbuka puasa. Boleh saja makan takjil, namun jangan terlalu sering atau bahkan dijadikan kewajiban setiap buka puasa.

Selain mengandung banyak kalori, kalau terlalu sering mengonsumsi makanan manis akan berdampak kurang baik pada keadaan tubuh.

Jadi, lebih baik banyak mengonsumsi air putih atau minuman hangat selama puasa. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi buah-buahan maupun sayuran untuk menjaga stamina tubuh. (Ega Maharni/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.